MPV ini Masih Jadi Mobil Favorit di Indonesia, Mengapa?

Mobil Keluarga Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Jawara mobil terlaris di Tanah Air saat ini belum berubah. Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) alias mobil keluarga masih menjadi kendaraan roda empat paling moncer penjualannya.

Berdasarkan data yang disebutkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza masih bertengger di posisi pertama dan jauh mengungguli banyak pesaingnya.

Di penghujung 2014 saja, Avanza berhasil terjual 162.070 unit, sementara posisi kedua yang ditempati Honda Mobilio terpaut jauh, yakni 79.228 unit.

Menurut Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Rahmat Samulo, kunci kesuksesan Avanza sebenarnya bukan terletak pada kendaraannya, melainkan jaringan aftersales yang dihadirkan Toyota untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Menurut dia, menjual mobil sebenarnya memang tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Sebab, para pabrikan juga harus siap dengan berbagai kelengkapan dan faktor pendukung lainnya untuk menunjang penjualan.

"Salah satu kunci kesuksesan Toyota, adalah penguatan jaringan aftersales, seperti ketersediaan suku cadang dan layanan servis. Penambahan diler untuk mengatrol penjualan di berbagai wilayah juga penting," ujar Samulo kepada VIVA.co.id.

"Kami menciptakan sendiri image Toyota. Ya itu, bagaimana kami memberi produk yang sesuai dengan pelayanan dan tentunya kelengkapan jaringan," kata Samulo.

Dengan begitu, tak heran jika kini Low MPV kebanggaan mereka, Avanza, masih terus bertengger di posisi puncak penjualan mobil terlaris di Indonesia. Bahkan, Avanza tak hanya menguasai penjualan di segmen tersebut, namun mengungguli penjualan mobil secara nasional.

"Meski jarang mengalami perubahan, berdasarkan survei yang kami lakukan, Avanza masih cocok dengan selera dan kebutuhan masyarakat saat ini," ujar Samulo. (ren)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]