Hasil Uji Tabrak Hyundai Tucson Diklaim Mengecewakan

Uji tabrak
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA.co.id - Badan keselamatan Australasian New Car Assestment Program (ANCAP), baru-baru ini menguji produk terbaru dari Hyundai, yaitu Tucson edisi 2016. Sayangnya, hasil uji tabrak mobil ini dikatakan mengecewakan.

Dilansir dari Paultan, Kamis 12 November 2015, saat diuji tabrak, Tucson yang hadir dalam versi kemudi kanan ini hanya meraih empat bintang saja. Padahal, versi kemudi kiri yang dijual di Eropa lain, mendapat lima bintang saat diuji oleh Euro NCAP.

"Hasilnya sangat mengecewakan dan tidak terduga untuk mobil baru yang masuk dalam kelas sport utility vehicle (SUV)," ujar Chief Executive Officer ANCAP, James Goodwin.

Sebagai informasi, Tucson yang duji adalah tipe 2.0 GDi 2WD, yang mengusung mesin berkapasitas 2.000cc dan berpenggerak dua roda.

Mobil ini dilengkapi dengan fitur pengaman seperti side and curtain airbags, electronic brake distribution (EBD) dan emergency brake assist (EBA). Namun, sayangnya, fitur pop-up bonnet yang berfungsi untuk melindungi pejalan kaki, saat tertabrak tidak tersedia.

Padahal, Tucson versi Eropa sudah dibekali dengan fitur tersebut. Cara kerjanya adalah kap mesin akan terangkat sedikit, saat mobil menabrak pejalan kaki, sehingga pejalan kaki tersebut dapat terhindar dari luka yang serius. (asp)