Penyebab Cat Mobil Timbul Bercak Gelembung

Gelembung cat pada mobil.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Terkadang Anda pasti pernah melihat kasus gelembung udara kecil, atau solvent popping pada bodi mobil, setelah melakukan pengecatan ulang. Wujudnya seperti bintik-bintik. Kondisi itu terjadi, karena campuran pernis dan tiner yang tak tepat.

Menurut Tomi Gunawan, pemilik Tomi Airbrush, di Jakarta, gelembung ini terjadi, karena tiner tak menguap dengan sempurna saat pernis mulai kering, dan hawa panas yang tak merata.

"Sebelum clear coat (pernis), bersihkan terlebih dahulu keseluruhan bagian (bodi) yang mau dipernis sampai benar-benar bersih. Setelah itu, aduk pernis dan campurkan tiner secukupnya," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Lanjut dia, jika tiner sudah tercampur dengan pernis, aduk rata dan usahakan busa-busa halus bekas adukan sampai menghilang. Jika sudah, setelah dua, atau tiga menit siap untuk pernis.

"Dalam tahap pernis usahakan lapisi bidang yang dikerjakan jangan terlalu tebal, cukup diulangi dua atau tiga lapis sampai terlihat sempurna. Usahakan cat di tempat yang aman dari debu dan minyak," sambungnya. (asp)