Melihat Harga Sedan Bekas yang Kini Makin Miring

Ilustrasi mobil di parkir di rumah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Pajak Penjualan atas Barang Mewah untuk sedan hingga kini masih menjadi momok tersendiri bagi para Agen Tunggal Pemegang Merek mobil di Indonesia. Sebab, nilainya sangat tinggi, yakni sedan mini dengan kapasitas mesin 1.500 cc ke bawah sebanyak 30 persen, sedangkan sedan kecil dengan mesin di atas 1.500 cc sebanyak 40 persen.

PPnBM yang tinggi demikian, membuat para ATPM otomotif enggan memproduksi sedan di Indonesia. Sebab, tanpa harga kompetitif, sedan tidak akan dilirik oleh konsumen, sehingga risiko rugi menjadi lebih besar. Alhasil, harga sedan baru pun kini melambung.

Entah mengapa, lesunya penjualan sedan ternyata juga berlaku untuk edisi bekasnya. Padahal harga yang ditawarkan terbilang sangat terjangkau. Banyak penjual, seperti di sentra mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta, yang mengeluhkan lesunya penjualan sedan belakangan ini.

Dede, penggawa diler mobil bekas Gabriel Mobilindo di WTC Mangga Dua, Jakarta, mengatakan, dibandingkan menampung mobil sedan bekas, pihaknya lebih baik menampung jenis mobil yang saat ini banyak diburu konsumen, seperti Multi Purpose Vehicle dan Sport Utility Vehicle

"Soalnya memang lama jualnya, ini saja model Honda Accord sudah enam bulan di sini, belum ada yang beli juga sampai sekarang," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Kata Dede, kurangnya peminat sedan karena konsumen selalu mempertimbangkan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan mobil jenis lain. "Apalagi perawatannya, kalau dulu sih orang pikirnya lebih baik menggunakan sedan saja, karena tampilan mobil yang lebih elegan kan dari yang lain, tapi sekarang tidak," ujarnya. 

Hal senada juga diungkapkan penggawa diler mobil bekas Autoprime, Latif. Kata dia, menjual mobil sedan memang tergantung 'hoki'. Jika beruntung, barang akan cepat terjual. "Itu juga ditambah dengan harga jual yang cepat sekali turunnya. Tapi, ada juga mobil yang sekarang justru masih banyak diburu, Toyota Vios, Altis dan juga City serta Civic itu masih cepat jualnya," tutur dia.

Latif mengatakan, di sisi lain, mobil sedan memiliki keunggulan yang justru banyak orang idam-idamkan. "Kelebihannya karena sporty tampilannya, kenyamanan serta fitur yang digunakan juga cukup komplet, beda sama model yang MPV. Selain itu juga simpel, memiliki akurasi yang bagus, juga bikin naik kelas kalau pakai mobil sedan," ungkapnya. 

Berikut daftar harga sedan bekas:

Honda Civic tahun 2014 = Rp314 juta

BMW tahun 2012 seri 320 = Rp450 juta

Toyota Altis tahun 2013 tipe 1.8 G = Rp195 juta

Honda Accord tahun 2013 = Rp280 juta. (hd)