Akibat Buruk Kick Starter Motor Tak Pernah Digunakan

Hidupkan motor dengan kick starter.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA – Kick starter merupakan salah satu peranti pada sepeda motor yang acap diabaikan pemiliknya. Para pengguna sepeda motor seakan lebih senang menekan tombol starter untuk menghidupkan mesin, ketimbang mengengkol. Alhasil kick starter pun seringkali tak pernah dipergunakan.

Namun siapa sangka kalau efek yang ditimbulkan bisa berbahaya, bila kick starter tak pernah digunakan. Seperti keterangan yang dikutip dari Wahana Motor, disampaikan ada sejumlah kerugian yang bakal hinggap bila kick starter jarang digunakan. Pertama, yakni aki yang bakal cepat tekor.

Hal ini beralasan. Sebab penggunaan electric starter secara terus menerus dapat menghabiskan energi aki atau accu motor. Bila aki tekor, seluruh komponen yang menggunakan listrik tak dapat berfungsi maksimal, seperti lampu sein, klakson dan lainnya.

Kerugian kedua adalah standar tengah macet. Apabila kick starter tak pernah digunakan, standar tengah motor matik mungkin juga tak pernah digunakan. Sebab standar tengah acap digunakan jika pemilik motor ingin menggunakan kick starter.

Kalau standar tengah tak dipakai, maka kotoran bakal menumpuk dan berakibat macet sehingga tak bisa digunakan. Ketiga, dan yang paling parah, adalah mesin motor jebol. Walau tidak langsung berhubungan dengan tuas kick starter, mesin motor yang letaknya di bawah blok mesin sepeda motor bisa jebol ketika standar tengah macet karena jarang digunakan.

Di sisi lain, banyak pemilik kendaraan tidak bisa menggunakan kick stater, khususnya pada model sepeda motor matik. Alasannya klasik, berat dan malas menggunakan standar dua.

Sebelum belajar menggunakan sepeda motor, sebaiknya pengendara harus lulus cara menggunakan standar tengah yang benar. Tak cukup itu, setiap orang yang mempunyai motor juga harus bisa menyalakan motor tanpa electric starter. (kwo)