Kaesang 'Kawal' Jokowi Pakai Himalayan, Motor Apa Sih Itu?

Presiden Jokowi naik motor bareng Kaesang Pangarep
Sumber :
  • Instagram @jokowi

VIVA – Rabu 25 Desember 2019, Kaesang Pangarep genap berusia 25 tahun. Pada hari ulang tahunnya, putra bungsu dari Presiden Joko Widodo itu tampak riding bareng ayahnya di sebuah pusat perbelanjaan.

Dari unggahan Jokowi di laman Instagram pribadinya, @jokowi, dikutip Kamis 26 Desember 2019, Jokowi tampak mengendarai motor Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi menjadi gaya bobber.

Sementara, Kaesang terlihat menunggangi motor petualang berbodi kekar dan jangkung. Kuda besi tersebut adalah Royal Enfield Himalayan, tipe adventure dari pabrikan motor asal India.

Beberapa tahun lalu, VIVA.co.id sempat merasakan Himalayan di habitat aslinya, Pegunungan Himalaya. Motor ini juga sudah didatangkan ke Tanah Air pada 2016, namun baru dijual resmi dua tahun kemudian.

Himalayan sengaja dirancang khusus sebagai kendaraan yang mudah dikendarai, dalam kondisi jalan apa pun. Performa motor berasal dari mesin satu silinder berkapasitas 411cc.

Tenaga yang dihasilkan sebesar 24,5 daya kuda dan torsi 32 Newton meter. Seluruhnya disalurkan ke roda belakang, melalui transmisi manual lima percepatan.

Jarak dari tanahnya cukup tinggi, mencapai 220 milimeter. Enggak perlu khawatir mengajak motor ini off-road, karena ada pelindung mesin di bagian bawah. Sementara, bobotnya hanya 182 kilogram.

Royal Enfield Indonesia menawarkan Himalayan dalam tiga warna. Banderol motor yang didatangkan secara utuh dari India ini, yakni Rp101,5 juta dengan status on-the-road Jakarta.