Polisi India Olesi Cat ke Motor Warga selama Lockdown, Buat Apa?

Polisi India olesi cat ke motor
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

VIVA – Untuk mengurangi potensi penyebaran virus corona COVID-19, beberapa negara memberlakukan sistem lockdown. Warga hanya diperbolehkan keluar rumah, untuk urusan tertentu saja dan wajib membawa surat dispensasi.

Salah satu negara yang memberlakukan hal itu, yakni India. Selama masa lockdown yang digelar hingga 30 April, polisi turun langsung ke jalan untuk melakukan penertiban. Tak jarang, mereka harus melakukan tindakan tegas pada warga yang masih bandel keluyuran dan berkumpul.

Dilansir dari Motoroids, Selasa 14 April 2020, ada hal unik yang dilakukan oleh kepolisian India di wilayah Tamil Nadu. Mereka memberhentikan setiap motor yang melintas, kemudian mengolesi cat.

Setiap motor diberi cat pada bagian bodinya, dan dilakukan dengan kuas. Tidak ada pola khusus, petugas hanya mengoles cat berwarna kuning ke bodi depan dan penutup setang.

Baca juga: Direktur Penyelidikan KPK yang Baru Punya 4 Motor Keren

Rupanya, itu dilakukan untuk memberi tanda pada motor tersebut. Keesokan harinya, mereka melakukan hal yang sama pada semua motor yang melintas dan belum diberi tanda. Tapi, cat yang digunakan pada hari itu adalah merah.

Nantinya, pemerintah setempat akan memberlakukan pembatasan jumlah kendaraan. Jadi, hanya sepeda motor dengan tanda warna tertentu saja yang boleh melintas di hari tersebut.

Aturan ini tidak jauh berbeda dari sistem ganjil genap, yang diterapkan di negara tersebut beberapa waktu lalu untuk mengatasi masalah polusi udara.