Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Menhan Prabowo Subianto dan Erick Thohir naik maung di Malang, Jatim.
Sumber :
  • Twitter @erickthohir

Jakarta, 25 April 2024 –  Prabowo Subianto telah resmi ditetapkan sebagai Presiden RI periode 2024-2029 bersama Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Saat masa kampenya, Prabowo pernah bercita-cita Indonesia bisa membuat mobil sendiri.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Kala itu, Prabowo ingin membangun industri otomotif nasional yang mandiri jika terpilih sebagai presiden Republik Indonesia pada 2024. Dia  berharap Indonesia bisa memproduksi berbagai kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

VIVA Militer : Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengecek Rantis Maung

Photo :
  • Kemenhan RI
Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Keinginan Prabowo itu, tak lepas dari keberhasilan kendaraan taktis Maung yang diproduksi di PT Pindad dengan kandungan komponen dalam negeri diklaim mencapai 73 persen. Dia menilai kandungan komponen tersebut bisa mencapai 90 persen dalam beberapa tahun ke depan.

"Kita akan punya mobil buatan Indonesia sendiri. Sekarang, saya diperintah oleh Pak Jokowi, kita sudah merintis, kita sudah bikin jip buatan Indonesia sendiri," kata Prabowo saat kampanye politik di Lebak, Banten, Rabu 6 Desember 2023.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

"Sekarang, kandungannya baru 73 persen. Tetapi kalau 70 persen ke atas sudah bisa kita mengatakan ini buatan Indonesia. Tetapi dua tahun, tiga tahun lagi, ini akan menjadi 90 persen barang-barangnya akan menggunakan komponen di Indonesia," lanjutnya.

Prabowo yang saat ini masih menjabat Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju itu juga ingin Indonesia bisa memproduksi berbagai jenis dan model mobil. Lebih lanjut, ke depannya dia berharap agar Indonesia dapat merintis produksi TV, pesawat terbang, kereta api, kapal, dan sejumlah barang lainnya.

Menhan Prabowo Subianto menyetir mobil baru Pindad yang diberi nama Maung

Photo :
  • Twitter @prabowo

"Kita tidak mau hanya jip. Kita mau nanti mobil sedan, pikap, truk, semuanya, motor-motor harus buatan Indonesia; TV, pesawat terbang, kereta api, kapal," ucap Prabowo.

Maung merupakan rantis 4x4 ditopang mesin diesel 4 silinder bertenaga 136 hp, dan hadir dalam dua varian untuk militer dan sipil bisa digunakan untuk harian yang kabarnya sudah siap diproduksi masal. Pindad juga mengklaim sedang mengembangkan Maung EV atau varian bertenaga listrik.

Perihal mobil nasional, sejatinya Indonesia sudah beberapa kali memproduksi mobil sendiri dengan berbagai merek. Sayangnya, mobil-mobil tersebut memang kalah saing di pasaran dan akhirnya banyak yang gulung tikar, seperti Timor dan Bimantara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya