Harga Bekas PCX dan Nmax Tahun Muda Terjun Bebas Gegara Corona

Ilustrasi motor.
Sumber :
  • Corsa

VIVA – Sektor usaha menurut drastis wabah Virus Corona atau COVID-19 mewabah di Indonesia saat ini. Banyak pelaku usaha tak terkecuali pedagang motor bekas.

Sejak virus itu mewabah pendapatan mereka menurun karena sepi pembeli. Akhirnya, salah satu cara untuk memikat konsumen, harga motor bekas yang dijual pun diturunkan.

Pemilik Dori Motor, Ahmad mengungkapkan, dalam kondisi saat ini lebih baik untung sedikit ketimbang tidak jualan sama sekali. Strategi tersebut pun disebut juga dilakukan pedagang motor bekas lainnya.

“Semua jenis motor harganya turun 40 persen dari normal,” ujarnya dikutip dari 100KPJ, Kamis 23 April 2020.

Ahmad mencontohkan, Yamaha NMAX misalnya. Motor ini termasuk motor yang memiliki harga stabil dalam keadaan bekas namun sekarang menurun. Untuk tahun produksi 2017 tipe non ABS, banderolnya Rp16 jutaan sedangkan modal belanjanya Rp13-14 juta.

“Saya beli 3 bulan kemarin masih Rp17 jutaan dari tangan konsumen untuk 2017 non ABS, saya jual lagi Rp19 juta. Honda PCX juga ikut turun harganya, meski statusnya lebih mahal,” tuturnya.

Selain Nmax, rivalnya Honda PCX dalam keadaan bekas harganya pun menurun. Untuk produksi 2018 harga jualnya hanya menyentuh angka Rp19,5 juta. 

Baca juga: Mitra Ojol Berjuang Minta Jadi Pengantar Bansos, yang Cuan Aplikator

Sementara, modal belanja atau saat pembelian dari tangan konsumen Rp17 juta. Kondisi tersebut berbeda dengan 3 bulan lalu yang masih dilego lebih tinggi.

“Awal Januari tahun ini saya masih jual PCX non ABS (CBS) itu Rp22 juta tahun 2018. Kalau NMAX 2018 non ABS Rp20 juta waktu itu,” katanya.

Menurutnya yang mendasari perbedaan harga bekas kedua skutik itu fitur-fiturnya. Salah satu yang terlihat kata dia, PCX memiliki kunci pintar atau smart keyless, selain itu bisa mengisi daya baterai gawai, kedua fitur itu tidak ada di NMAX pada 2018.

“Harga barunya juga waktu itu kan lebih mahal PCX beda tipis, dan fitur-fiturnya lengkap. Baru sekarang kan NMAX jadi canggih kaya PCX tapi belum ada kondisi bekasnya,” katanya. 

Sekadar informasi, untuk saat ini Honda menawarkan PCX buatan lokal tersebut dalam 3 varian. Untuk tipe 150 CBS dilego Rp29,843 juta, tipe ABS Rp32,842 juta, dan Hybrid Rp43,293 juta. 

Sedangkan NMAX model lama tipe non ABS Rp28,54 juta, dan ABS Rp32,26 juta. Untuk versi terbarunya, tipe Standard Version Rp29,75 juta, dan Connected ABS Version Rp33,75 juta.

Panatu berita terkini di VIVA Network terkait Virus Corona