Vespa Dapat Saingan Baru, Harga Lebih Murah

SYM Fiddle 125i edisi 2020
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Jika bicara soal sepeda motor berpenampilan klasik, maka yang sering disebut oleh masyarakat adalah Vespa. Pabrikan asal Italia itu memang terus mempertahankan desain, yang mereka pakai sejak puluhan tahun lalu.

Tampilan produk Vespa saat ini, tidak jauh berbeda dari generasi lamanya. Wujudnya masih berupa skuter, namun kini sudah dibekali dengan teknologi transmisi otomatis.

Ciri khas lain dari model keluaran Vespa, yakni bodi bulat di bagian belakang. Pada beberapa seri, lampu depan masih mempertahankan desain bulat.

Masih cukup tingginya minat akan sepeda motor yang mengusung gaya klasik, membuat pabrikan kendaraan roda dua asal Taiwan, SYM tertarik untuk memproduksinya.

Baca juga: Ngebet Mudik, Pria Ini Sewa Truk dan Borong Bawang 25 Ton

Dilansir dari 100kpj, Rabu 29 April 2020, mereka baru saja meluncurkan Fiddle 125i edisi 2020. Tampilannya tidak jauh berbeda dari Vespa atau Suzuki Saluto, yang juga kental akan nuansa retro.

Motor ini menggunakan mesin satu silinder dengan pendingin udara, serta berkapasitas 125cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai sembilan daya kuda dan torsi 10,3 Newton meter.

Agar bisa dijual dengan harga yang menarik, SYM tidak membekali motor ini dengan banyak peranti canggih. Lampu depannya masih mengandalkan halogen, begitu pula dengan kunci kontak yang hanya dibekali penutup berupa pelat.

Namun, jangan khawatir soal keselamatan. SYM membekali Fiddle 125i baru ini dengan sistem pengereman cakram di kedua rodanya. Tak hanya itu, pada bagian depan juga disematkan anti-lock braking system atau ABS.

Soal harga, motor ini dilepas 50 juta Dong Vietnam, atau sekitar Rp32 jutaan. Banderol tersebut sedikit lebih murah dari Vespa, yang tipe terendahnya dijual di Indonesia dengan angka Rp34 jutaan.