Pemuda Ini 6 Kali Juara Dunia Balap tanpa Punya SIM

Jonathan Rea menjalani ujian SIM C.
Sumber :
  • YouTube Jonathan Rea

VIVA – Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah dokumen yang harus dimiliki oleh setiap orang, yang hendak mengoperasikan kendaraan bermotor di jalan raya. Ini berlaku untuk semua jenis, mulai dari mobil hingga motor.

Adanya SIM menunjukkan bahwa orang tersebut sudah kompeten untuk mengendalikan kendaraan, di tengah padatnya lalu lintas serta tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Meski demikian, tidak sedikit yang sudah memiliki kemampuan tersebut sebelum usianya cukup untuk memiliki SIM. Bahkan, salah satunya berhasil menjadi juara dunia balap.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Visordown, Minggu 18 Juli 2021, seorang pemuda asal Irlandia baru-baru ini membuat kejutan karena untuk pertama kalinya ia menjalani ujian SIM.

Awalnya ia mengikuti ujian teori, dan berhasil lolos untuk menjalani tahap selanjutnya yakni dua ujian praktik. Motor yang ia gunakan adalah Kawasaki Z650, yang dibekali mesin dua silinder berkapasitas 650cc dengan tenaga 67 daya kuda.

Pada tahap pertama, ia melewati rintangan berupa cone dengan cara slalom. Lalu ujian dilanjutkan ke jalan raya, di mana semua hal yang dilakukan dipantau oleh petugas untuk menentukan apakah layak diberikan SIM atau tidak.

Semua proses dilewati dengan mulus dan tanpa cacat. Pemuda tersebut awalnya mengaku grogi, namun akhirnya bisa menjalani ujian tanpa kendala.

Kelihaiannya mengendarai motor tidak perlu diragukan lagi, sebab ia adalah pembalap andalan Kawasaki di ajang Superbike World Championship dan menjadi juara dunia pada periode 2015 hingga 2020, yakni Jonathan Rea.

Photo :
  • WSBK