Intip Spesifikasi Motor Listrik yang Digunakan KTT G20

Motor listrik yang digunakan untuk KTT G20 di Bali
Sumber :
  • NTMCPolri

VIVA Otomotif – Perhelatan besar Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan segera digelar bulan depan di Bali. Saat ini banyak institusi pemerintah maupun swasta tengah melakukan persiapan agar acara berjalan lancar. 

Salah satu persiapan paling penting terkait kegiatan ini adalah mobilitas kendaraan yang digunakan pada acara tersebut. Nantinya akan ada 200 unit motor listrik yang digunakan khusus Polda Bali untuk pengawalan.

Diketahui, motor ramah lingkungan itu hasil rancangan Smoot Elektrik, SWAP Energi, dan Grab Indonesia. Mereka telah melakukan serah terima kendaraan listrik kepada Korps Lalu Lintas Polda Bali.

Motor listrik Smoot Tempur.

Photo :
  • VIVA Otomotif

Secara spesifikasi, motor listrik ini menggunakan seti Tempur yang telah disulap menjadi kendaraan dinas polisi yang miliki tema warna putih dan biru. Bahkan pelat nomornya sudah diganti menggunakan khusus milik Polri di sana.

Selain itu, terdapat logo KTT G20 yang berada persis di depan bodi motor. Ditambah ada aksen gari-garis biru yang berada di sisi pinggir depan. Secara keseluruhan, model ini terlihat seperti motor listrik pada umumnya hanya saja sedikit dirombak, salah satunya pada warna.

Sebagai kendaraan listrik, motor ini menggunakan Baterai SWAP-nya berkapasitas 1.500 watt, dengan jarak tempuh mencapai 60 km. Proses tukar baterai bisa dilakukan kapan pun secara gratis.

Founder & CEO Smoot Elektrik dan SWAP Energi Irwan Tjahaja mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kolaborasi nyata antara Grab dengan Polda Bali dalam menciptakan Bali Energi Bersih. Hal itu sejalan dengan tujuan pemerintah yang saat ini ingin mengurangi gas emisi buang yang dihasilkan mesin konvensional.

"Hal ini juga menjadi wujud nyata komitmen kami dalam mendukung rencana percepatan pelaksanaan penggunaan kendaraan listrik dengan mendorong transisi energi dari sumber fosil ke energi baru dan terbarukan,” ujar Irwan, dikutip VIVA dari NTMCPolri, Jum'at 21 Oktober 2022.

Sebagai tambahan informasi, Mereka juga telah memberikan dukungan berupa ketersediaan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang tersebar di lebih dari 100 titik di Bali melalui jaringan Circle K.