Fitur Canggih Ini Belum Banyak Diketahui Pemilik Xpander

Ilustrasi pairing smartphone ke head unit Mitsubishi Xpander.
Sumber :
  • MMKSI

VIVA – Sistem hiburan di dalam mobil, menjadi salah satu syarat wajib saat berkendara. Dengan adanya perangkat tersebut, pengemudi dan penumpang dapat menikmati perjalanan secara lebih nyaman.

Perkembangan sistem audio mobil saat ini juga semakin pesat. Dari tadinya yang hanya bisa memutar musik melalui CD, kini hal itu bisa dilakukan secara nirkabel dengan fasilitas Bluetooth.

Namun, ada kalanya proses menghubungkan smartphone ke head unit mobil mengalami kendala. Hal ini diakibatkan banyaknya model ponsel, dengan standar yang berbeda-beda. Alhasil, proses yang dikenal dengan istilah pairing itu tidak bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Untuk mengatasi hal tersebut, PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia menghadirkan fitur canggih di head unit mobil keluarga andalan mereka, Xpander. Berdasarkan rilis yang diterima VIVA, Selasa 26 Februari 2019, fitur tersebut dipasang di Xpander varian Ultimate.

Dengan adanya fitur ini, pengemudi bisa melakukan pairing dengan mudah. Syaratnya, smartphone sudah mendukung teknologi Near Field Communications atau NFC. Teknologi ini umum digunakan oleh aplikasi perbankan untuk mengecek saldo kartu uang elektronik.

Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu lama. Cukup dengan menempelkan smartphone yang memiliki fitur NFC ke layar head unit. Fungsinya sama seperti Bluetooth, hanya caranya lebih ringkas. (kwo)