Merawat Komponen Motor Ini Enggak Perlu ke Bengkel

Rumah filter udara Royal Enfield Classic 350.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA – Penyaring udara di sepeda motor matik, merupakan peranti yang harus mendapat perhatian lebih. Bila tak rutin dibersihkan, komponen itu bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros, bahkan mengganggu kinerja mesin.

Terkadang, saringan bisa cepat kotor saat motor melalui jalan berdebu setiap harinya. Meski waktu pergantian pelumas masih lama, namun alat penghalang kotoran tersebut sudah harus dibersihkan.

Jika enggan membawanya ke bengkel, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Dilansir dari laman Federal Oil, Rabu 27 Februari 2019, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melepas tutup penyaring udara. Bersihkan dengan cara disemprot menggunakan angin kompresor. Jika tak punya kompresor, bisa juga pakai kuas halus.

Berikutnya adalah membersihkan rongga-rongga besi penyaring. Lakukan dengan saksama. Jika bagian tersebut sudah tuntas, selanjutnya adalah membersihkan bagian yang memiliki serat-serat penyaring.

Terakhir, bila penyaring udara sudah benar-benar bersih, jangan lupa bersihkan juga wadah atau boks penyaring, supaya tidak ada debu yang melekat di permukaannya.

Setelah itu, rakit kembali komponen tersebut. Pastikan tidak ada baut yang tertinggal, karena dapat membuat penutup tidak rapat dan mudah lepas. (kwo)