Bagasi Mobil Kurang Mencukupi, Ini Solusinya

Roof box
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Menjelang libur Lebaran, pemilik mobil biasa menambahkan aksesori pada kendaraannya. Salah satu yang banyak diburu, adalah bagasi atau kompartemen barang yang dipasang di atap mobil.

Tempat menaruh barang ini terbagi atas dua jenis, yakni roof box dan roof rack. Aksesori ini sangat membantu, ketika kabin harus dimaksimalkan untuk mengangkut penumpang. Sebab, barang bawaan bisa disusun rapi di atap mobil.

Menurut pedagang dari toko aksesori Sumber Arta Motor, Srie, kedua kompartemen barang di atap mobil ini memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

"Roof box biasanya dibuat dari bahan plastik khusus, yang  dirancang aerodinamis dan tertutup untuk meletakkan barang. Jadi, enggak kepanasan maupun kehujanan," ujarnya saat dijumpai VIVA di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 3 April 2019.

Kelemahan roof box, kata Srie, adalah desain dan dimensinya yang besar, sehingga lebih cocok dipasang di mobil multi purpose vehicle atau sport utility vehicle. Sementara itu, roof rack bentuknya sederhana dan terbuka.

"Roof rack kan terbuka, jadi harus pakai jaring tambahan atau diikat, biar barangnya enggak terbang. Terus, harus pakai terpal biar enggak basah. Tapi, memang lebih ringkas dan sederhana buat tampilan mobil," tuturnya. (art)