Mau Pakai Wiper Frameless, Baca Dulu Untung Ruginya

Wiper mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Hujan mulai sering mengguyur wilayah Ibu Kota, membuat para pengguna jalan harus ekstra hati-hati saat melintas. Sebab, campuran air dan kotoran bisa membuat permukaan aspal menjadi sangat licin.

Selain menjaga kecepatan, kendaraan juga perlu diperiksa kondisinya apakah siap menghadapi hujan atau tidak. Mulai dari kembang pada ban, sistem pengereman hingga kebersihan kaca.

Terkait kaca mobil, hal paling utama yang perlu dicek adalah penghapus kaca atau wiper. Peranti ini berfungsi membuat pandangan pengemudi ke jalan jadi lebih jernih, saat hujan turun dengan derasnya.

Komponen utama wiper adalah karet panjang, yang dimensinya berbeda-beda tergantung tipe dan model mobil. Jenisnya ada dua, yakni standar dan frameless.

Pabrikan umumnya menyematkan wiper standar yang masih menggunakan tangkai besi (blade) sebagai rangkanya. Sementara, model tanpa rangka atau frameless disematkan pada mobil-mobil mewah.

Dilansir VIVA Otomotif dari Astraworld, Sabtu 7 November 2020, ketika model frameless sudah tidak lentur lagi atau karetnya mengeras, maka daya sekanya berkurang dan cenderung bergetar.

Sementara itu, model standar tidak akan bergetar dan daya seka airnya tetap normal, meski karet sudah tidak lentur lagi. Tapi, jika karetnya sudah menipis atau sobek, berpotensi muncul gesekan antara besi dan kaca.

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, kemampuan menyeka air dan daya tahan menjadi keunggulan wiper model rangka.

Wiper yang ada rangka besinya lebih stabil saat menyeka air ketika hujan deras. Tapi kalau mau modern, bisa pakai frameless yang saat ini sudah banyak di pasaran,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bikin Kaget, Lagi Nyetir Tiba-tiba Pindah ke Belakang dan Tidur