Punya Motor Canggih, Jangan Biasakan Nongkrong di Dekatnya

Ilustrasi smart key.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Saat ini teknologi otomotif dalam hal keamanan tidak hanya dipasang pada mobil saja, namun juga sepeda motor. Salah satu contohnya, yakni Smart Key yang berfungsi menggantikan kunci kontak.

Alat ini membuat pengendara tidak perlu memasukkan anak kunci ke lubang, cukup bawa remote di kantong dan putar tombol yang tersedia, maka mesin akan hidup.

Fungsi lain dari Smart Key adalah mencegah tindak pencurian, cara kerjanya mirip dengan immobilizer pada mobil. Rangkaian elektronik yang ada dalam remote akan mengirim sinyal khusus ke motor, supaya mesin bisa berfungsi.

Setiap motor memiliki sinyal yang berbeda, jadi meski sama-sama menggunakan Smart Key namun hanya remote bawaan yang bisa dipakai.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Hondacommunity, Kamis 31 Desember 2020, sama seperti fitur lain, ada beberapa hal yang wajib diketahui pemilik motor dengan Smart Key. Salah satunya, jangan berada dekat dengan motor dalam waktu cukup lama.

Saat hendak nongkrong bersama teman, usahakan jaraknya lebih dari dua meter dari parkiran motor. Alasannya, untuk mencegah komunikasi terus menerus antara remote dengan modul di kuda besi, yang bisa menyebabkan aki soak.

Selain itu, remote juga sebaiknya dioperasikan dengan normal, jangan menekan tombol terlalu keras dan jaga supaya tidak kena air. Hindari meletakkan remote di dekat benda yang mengandung elektromagnetik, seperti microwave atau mixer.

Jangan biasakan membawa dua remote, simpan cadangan di rumah saja sehingga jika remote utama hilang, masih ada satu lagi yang bisa dipakai untuk mengoperasikan motor.