Jangan Salah, Mendorong Mobil Juga Ada Tekniknya

Ilustrasi mendorong mobil.
Sumber :
  • Seva.id

VIVA – Meski sudah secara teratur menjalani perawatan berkala, namun terkadang mobil tetap mengalami masalah dan berujung mogok. Tak jarang hal itu diakibatkan oleh masalah sepele, seperti aki yang sudah berkurang kemampuan menyimpan daya listriknya.

Atau bisa jadi bahan bakar yang dimasukkan ke dalam tangki terkontaminasi dengan kotoran, sehingga membuat saluran menjadi tersumbat dan mesin tidak mendapat pasokan sumber pembakaran.

Hal itu bisa terjadi tidak hanya saat mobil dalam kondisi parkir, namun juga ketika sedang dikemudikan di jalan raya atau jalan bebas hambatan.

Jika sudah begitu, maka solusinya adalah dengan mendorong kendaraan ke sisi jalan untuk diperiksa. Namun, jangan pernah menyepelekan soal cara mendorong mobil karena bisa berujung pada kerusakan.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Seva.id, Senin 30 Agustus 2021, hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendorong mobil saat berada di jalan raya adalah menyalakan lampu hazard.

Fungsinya yakni memberi isyarat kepada pengguna jalan lain, bahwa Anda sedang mengalami masalah sehingga mereka bisa mengambil tindakan untuk menghindar tanpa melakukannya secara mendadak.

Kemudian, perhatikan lalu lintas dan mulai mendorong mobil sembari setir diarahkan ke sisi jalan atau lajur darurat yang tersedia di jalan tol. Jika bobot kendaraan cukup berat, maka bisa memutar setir sedikit ke arah kiri lalu dorong bagian belakang mobil.

Satu hal yang harus diperhatikan, yakni bagaimana memposisikan tangan yang benar di bodi kendaraan. Jangan menaruh tangan di kaca belakang atau lampu, karena tekanan yang besar bisa membuat bagian tersebut menjadi pecah.

Bagian paling kokoh biasanya ada di sisi kiri dan kanan pintu bagasi. Untuk mobil yang memiliki deretan lampu di bagian pinggir belakang, titik amannya berada di sisi samping kap bagasi.

Atau, dorong tepat di bagian pintu yang memiliki karet pelindung di baliknya. Jika semua bagian belakangnya terbuat dari kaca, maka posisikan tangan di bumper sisi kiri atau kanan.