Trik Pedagang Mobil Bekas Hapus Baret-baret di Kaca

Mobil bekas
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin

VIVA.co.id – Goresan pada kaca mobil tentu tak diharapkan kehadirannya oleh para pemilik kendaraan. Biasanya, kondisi tersebut terjadi karena kotoran yang menempel di kaca dan tersapu wiper. Sejumlah kalangan menganggap kotoran bakal terbawa saat hujan turun, padahal justru ketika hujan-lah kotoran yang ikut berjatuhan ke kaca dapat tersapu wiper dan sebabkan kaca tergores.

Ternyata ada cara ampuh yang biasa diterapkan para penjual mobil bekas agar goresan pada kaca dapat sirna. Menurut penggawa diler mobil bekas Autoprime di bilangan WTC Mangga Dua, Jakarta, Latif, hal yang harus dilakukan saat ingin mengatasi baret-baret pada kaca yakni menyiapkan cairan atau bubuk pemoles kaca. 

"Itu gunanya untuk menghilangkan goresan kaca yang disebabkan oleh debu atau pasir," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu 18 Januari 2017. 

Setelah itu, jangan lupa untuk menyiapkan lap kain berwarna putih dengan tambahan ampelas untuk menggosok bagian yang terkena goresan. "Jika semuanya sudah siap, langkah yang harus dilakukan yaitu dengan menyiram semua bagian kaca sebersih mungkin dari debu, supaya tidak lagi timbul bercak baru," ujar dia. 

Langkah selanjutnya, kata dia, ampelas setiap bagian kaca yang terkena goresan sampai bersih dan halus. "Lakukan dua kali hingga bersih, jangan terlalu berlebihan supaya tidak terlalu tipis nantinya," tuturnya. 

Setelah semua bagian kaca sudah halus, langkah selanjutnya dengan menaburkan bubuk pemoles kaca. Lakukan dengan perlahan menggunakan lap warna putih tadi. Gerakkan memutar akan lebih bagus dilakukan jika ingin cepat bersih dan rapi.

Terakhir, jika semua fase yang telah dilewati, tinggal bersihkan lagi dengan air bersih secara perlahan. "Kalau belum, lakukan cara itu berulang sampai benar-benar bersih. Nah, setelah dibersihkan pakai air, dilap lagi pakai handuk atau lap bersih, keringkan dan langsung bagus lagi." (mus)