Lippi: Italia Tak Terlalu Tua untuk Juara

Fabio Cannavaro dan Pelatih Italia Marcello Lippi
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVAnews - Pelatih Italia, Marcello Lippi, mengecam para pengkritik yang menyatakan tim asuhannya terlalu tua untuk memenangkan Piala Dunia. Lippi sangat tidak senang dengan skeptisisme yang ditunjukkan berbagai kalangan, bahkan publik Italia sendiri terhadap Gli Azzuri. 

Ia meminta agar skuat Italia diberi kesempatan untuk membuktikan diri. “Ya, betul bahwa kami mempunyai pemain-pemain tua. Tapi, bertambahnya umur selalu diikuti oleh kharisma dan pengalaman bermain di pertandingan-pertandingan besar. Saya rasa, Italia memiliki campuran pemain tua dan muda yang tepat,” ujar Lippi seperti dikutip dari The Guardian.

“Kami mempunyai 9 pemain yang berlaga pada Piala Dunia 2006. Itu masih kurang dari 50 persen total jumlah pemain.  Lagipula, saya tidak pernah melihat tim mana pun yang memenangkan Piala Dunia dengan total 23 pemain baru,” tandas Lippi.

Lippi memang mempertahankan Fabio Cannavaro yang telah berusia 36 tahun, dan Gianluca Zambrotta serta Mauro Camoranesi yang berusia 32 tahun. Namun, ia juga membawa tiga orang defender yang masih berusia 23 tahun, yaitu Salvatore Bocchetti, Leonardo Bonucci dan Domenico Criscito. Secara keseluruhan, umur rata-rata skuat Italia adalah 28 tahun.

“Kapan pun Piala Dunia datang, semua orang memang berbicara sesuka hati. Tapi kali ini, kami tidak akan membiarkan mereka meremehkan kami,” tukas Lippi. Ia juga menjawab keraguan publik atas Azzuri karena cedera yang menimpa Andrea Pirlo, gelandang tengah Italia yang paling berbakat.

“Faktanya, Piala Dunia tidak dimenangkan oleh seorang pemain. Kini tidak ada lagi superstar di Italia,” tegas Lippi. 

Ia menambahkan, skuat Italia tetap memiliki Paolo Rossi baru. Rossi adalah striker Italia yang mencetak enam gol di tiga pertandingan terakhir Piala Dunia 1982 dan menyambar predikat Top Skorer. 

Rossi baru yang dimaksud Lippi ialah Giampaolo Pazzini yang mencetak 19 gol untuk Sampdoria musim ini. Pazzini memang sering dibandingkan dengan Rossi. (one)