Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kamis, 15 Maret 2018 | 06:58 WIB

Misteri Raibnya Uang Nasabah BRI

Team VIVA »
Dusep Malik
Fikri Halim
Arrijal Rachman
Nur Faishal (Surabaya)
Foto :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Nasabah BRI resah.

VIVA – Bunyi pesan singkat di telepon genggam memicu rasa penasaran para nasabah Bank Rakyat Indonesia pada Senin 12 Maret 2018. Dalam pesan singkat itu nasabah kaget melihat transaksi keuangan yang tidak dilakukannya sama sekali.

Saat itu, puluhan nasabah bank pelat merah itu merasa saldo di rekeningnya berkurang secara mendadak. Bahkan, nilai kerugian masing-masing nasabah rata-rata mencapai Rp500 ribu hingga Rp10 juta.

Baca Juga

Peristiwa itu terjadi pada nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Nasabah yang sial tersebut langsung melaporkan kasus tersebut ke pihak Kepolisian setempat.

Berdasarkan laporan Kepolisian Resor Kediri, pihaknya telah menangani kasus tersebut dan telah melakukan penyelidikan. Saat ini sejumlah saksi dari pihak korban telah dimintai keterangan.

Kepala Polres Kediri, AKBP Erick Hermawan, mengatakan dalam kasus tersebut mulanya ada 16 korban yang terdata. Namun, setelah pengembangan sekarang sudah terdapat 87 korban nasabah yang melaporkan diri.

"Tetapi sesuai data di kami, ada 33 nasabah (korban)," kata Kepala Polres Kediri, AKBP Erick Hermawan, kepada wartawan, Selasa, 13 Maret 2018.

Selain dari Resor Kediri, kasus raibnya uang nasabah BRI di Kediri ini juga dibantu penyelidik dari Kepolisian Daerah Jawa Timur. Tim dari Subdit Perbankan Direktorat Kriminal Khusus telah diturunkan.

"Tim Perbankan Ditreskrimsus Polda Jatim turun langsung ke Kediri melakukan pengecekan," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, kepada VIVA.

Adapun terkait dugaan terjadinya peretasan sistem BRI yang dilakukan oleh sindikat internasional. Kepolisian Polda Jawa Timur menyatakan belum bisa memberikan keterangan karena belum ada bukti ke arah tersebut.

Dugaan Skimming

Sementara itu, guna melanjutkan penyeledikan kasus raibnya uang nasabah BRI Ngadiluwih, pihak BRI langsung memblokir 87 rekening nasabah korban. Dan bekerjasama dengan tim Kepolisian Polda Jatim.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polisi Tembak Kaki Pelaku Pencuri Uang Nasabah
KABAR SIANG - lewat 4 tahun lalu
Terpopuler