Promotor Prambanan Jazz Dapat Penghargaan dari Wahana Musik Indonesia

Promotor Prambanan Jazz Dapat Penghargaan dari Wahana Musik Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Maria Margaretha Delviera

VIVA – Bertepatan dengan momen Prambanan Jazz Festival 2018, yang digelar di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Rajawali Indonesia Communication selaku promotor mendapatkan apresiasi dari Perkumpulan Wahana Musik Indonesia atau WAMI.

WAMI sendiri merupakan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK), yang memperoleh mandat besar dari para pencipta lagu di Indonesia. Hal ini dilakukan WAMI, untuk menghimpun hak cipta lagu dan musik yang dilakukan oleh berbagai pihak yang melakukan kegiatan, salah satunya konser musik.

Budi Yuniawan selaku operational manager WAMI memberikan langsung plakat penghargaan kepada CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Yogyakarta.

WAMI memberikan apresiasi kepada pihak Rajawali Indonesia Communication atas partisipasi dalam penegakan hak cipta sebagai pengguna kategori konser musik (live event).

“Sejak 2016 sampai 2018, pihak Rajawali sudah melakukan lisensi itu bukan cuma Prambanan Jazz saja, David Foster, dan lainnya. Untuk itu, sekarang kami memberikan apresiasi kepada pihak Rajawali Indonesia,” ungkap Budi, saat konfrensi pers.

Pihak Rajawali menyambut baik penghargaan tersebut dan berkomitmen untuk terus mendukung royalti hak cipta para pencipta lagu. “Konser-konser musik off air gini, enggak lepas dari pencipta lagu, sudah selayaknya dapat perhatian dari pemerintah. Kami harap, WAMI juga dapat edukasi ke penyelenggara konser yang lain,” ujar Anas.

Dalam perhelatan Prambanan Jazz 2018, sebagian besar musisi sudah mendaftarkan hak cipta lagu kepada WAMI di antaranya adalah Jikusitik, Yovie Widianto, Ahmad Dhani, GIGI, termasuk Boyzone. WAMI juga bekerja sama dengan lembaga sejenis di berbagai negara sebagai hubungan timbal balik. (asp)