Ahmad Dhani Ungkap Alasan Konser Dewa 19 Ditunda, Persiapan Akan Lebih Matang

Ahmad Dhani
Sumber :
  • IG @officialdewa19

VIVA Showbiz – Pada beberapa waktu lalu, konser Dewa 19 yang seharusnya akan diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS) pada 12 November 2022 kemarin, secara resmi harus ditunda oleh pihak penyelenggara dan juga Dewa 19. 

Pengumuman penundaan itu diumumkan kepada para Baladewa dan penonton lainnya pada 3 November 2022 lalu oleh pihak penyelenggara yakni Jakpro agar persiapan konser bisa lebih matang lagi. Mengingat ada event musik yang akhirnya dibubarkan oleh pihak kepolisian karena kelebihan kapasitas. 

Ahmad Dhani pun sebagai pihak dari Dewa 19 juga turut memberikan alasannya terkait dengan penundaan konsernya sebagai band lokal pertama yang akan ditonton oleh puluhan ribu orang. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Alasan yang diungkap Ahmad Dhani

Ahmad Dhani

Photo :
  • Instagram @ahmaddhaniofficial

Dijelaskan oleh Ahmad Dhani bahwa ada dua alasan mengapa konser Dewa 19 harus ditunda dan dimundurkan ke 4 Februari 2023 mendatang. Disebutkannya ada alasan menurut syariat dan ada alasan menurut hakikat. 

“Alasan berdasarkan syariat itu kita belum resmi sowan ke Polresta Jakarta Utara dan belum memberikan paparan soal tata cara masuknya 70 ribu penonton dan keluarnya 70 ribu penonton dalam waktu yang bersamaan. Itu syariatnya ya,” tutur Dhani yang dikutip dari tayangan acara yang dibawakan oleh Vincent, Desta dan Enzy Storia pada Senin, 13 November 2022. 

“Kalau hakikatnya itu kayaknya keder juga, karena belum pernah ada band lokal ditonton 70 ribu orang, di Indonesia belum pernah ada baru kali ini gitu loh,” sambungnya.

Persiapan akan lebih dimatangkan

Konser Pesta Rakyat Dewa 19 di JIS resmi ditunda

Photo :
  • IG @officialdewa19

Menurutnya, pihak penyelenggara dan kepolisian masih sama-sama ketar-ketir dengan penonton sebanyak itu. Apalagi mengingat banyaknya peristiwa karena terlalu penuhnya kapasitas yang membuat orang menjadi berdesak-desakkan. 

“Jadi kira-kira gitu, panitia dan polisi kayaknya sama-sama ketar-ketir sama-sama keder lah,” kata suami Mulan Jameela tersebut. 

“Jika di postponed akan lebih siap,” lanjutnya.  

JIS sendiri diketahui memiliki 82 ribu kursi, belum lagi orang-orang yang bisa berdiri di lapangannya, jadi menurut Dhani harus ada event yang memang digelar dengan massa yang sangat banyak. 

“Ya harus ada dong event yang memang untuk 82 ribu penonton karena kursinya ada 82 ribu kursi itu,” ujar Dhani. 

Konser Pesta Rakyat Dewa 19 di JIS resmi ditunda

Photo :
  • IG @officialdewa19

Sementara itu, Desta kemudian menyinggung soal jalur evakuasi atau jalur untuk penonton yang diketahui masih kurang memadai sehingga harus dipersiapkan lebih matang lagi. 

“Ya itu so and so lah ya, maka dari itu kayaknya bulan Februari itu mungkin udah lebih baik lah ya soal jalur evakuasi,” ujarnya lagi. 

“Untuk 12 November itu sebenernya kita udah siap, kita udah pemaparannya, cuma ya belum fix sama polisinya aja,” pungkasnya.