Unik, Juara Dunia Tinju Justru Ingin Jadi Seperti Valentino Rossi

Juara dunia tinju kelas welter ringan IBF, Josh Taylor
Sumber :
  • Sky Sports

VIVA – Menjadi juara dunia tinju kelas welter ringan IBF tak sepenuhnya membuat petinju asal Skotlandia, Josh Taylor, menjadi bahagia.

Sebab, sejak awal Taylor tak pernah punya keinginan untuk menjadi petinju. Adapun mimpi utamanya adalah jadi juara dunia MotoGP seperti Valentino Rossi.

Taylor menggeluti olahraga tinju sejak 2015. Sejauh ini, ia berhasil memenangkan 15 laga dengan catatan 12 kemenangan KO. Sedangkan gelar juara dunia kelas welter ringan IBF ia raih pada Mei 2019 setelah menang angka mutlak atas petinju Belarusia, Ivan Baranchyk. 

Taylor meyakini punya kemampuan untuk bersaing di level atas balap motor. Namun, situasi ekonomi keluarga tak mendukung mimpinya menjadi nyata.

"Saya pernah mengalami kecelakaan besar. Setelah itu, ayah saya membelikan suspensi yang lebih baik, dan saya bisa naik podium ketiga mengalahkan banyak pembalap dan saat itu mereka sudah memiliki sponsor," kata Taylor, dikutip Daily Star.

"Tapi, semuanya harus berhenti karena orang tua saya tidak memiliki dana untuk membayar perlombaan, perawatan motor, dan keperluan balapan lainnya. Akhirnya, saya harus menjual motor dan mengubur impian menjadi pembalap," imbuhnya.

Lebih lanjut, Taylor tak menduga bisa menjadi juara tinju dunia. Karena, pada awalnya ia hanya coba-coba. 

"Suatu hari saya melihat Alex Arthur (petinju) berlatih di dekat tempat ibu bekerja. Dia menawari saya untuk berlatih. Dia sempat tak percaya saat saya mengatakan tak suka tinju," ucapnya.

"Tapi, segala hal yang saya lakukan, saya mampu melakukannya dengan baik. Meski saya tidak pernah menduga, menjadikan tinju sebagai jalan hidup saya," jelasnya.