Jorge Lorenzo Balik ke Yamaha, Jadi Pembalap Uji Coba

Eks pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo
Sumber :
  • Crash

VIVA – Jorge Lorenzo telah memutuskan pensiun dari MotoGP pada akhir musim lalu. Namun, Lorenzo dipastikan akan kembali ke Yamaha, tapi bukan sebagai pembalap.

Pria asal Spanyol itu akan memulai tugas baru bersama Yamaha sebagai pembalap tes. Hal tersebut diumumkan oleh Yamaha Motor Racing pada Kamis 30 Januari 2020.

Lorenzo pun akan memulai tugasnya sebagai pembalap tes di Yamaha pada pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, mulai 2 Februari nanti. Selain itu, ia akan turun di semua uji coba Yamaha.

"Saya ingin mengumumkan bahwa saya baru saja menandatangani perjanjian dengan Yamaha untuk bergabung dengan tim uji coba mereka," kata Lorenzo sperti dikutip akun Twitter pribadinya.

"Saya ingin melakukan yang terbaik untuk masa depan Yamaha, dan berharap pengalaman balapan saya akan membantu para insinyur dan pembalap agar bisa membawa gelar kembali ke Yamaha," ucapnya.

Lorenzo akan didampingi mantan kepala kru Valentino Rossi pada 2014-2019, Silvano Galbusera. Meski begitu, Yamaha mengaku tak punya rencana untuk menurunkan Lorenzo sebagai pembalap wildcard, meski tak menutup kemungkinan apa pun.

Lorenzo sendiri bukan sosok yang asing bagi Yamaha karena pernah 9 musim memperkuat Yamaha sejak tahun 2008. Lorenzo mampu meraih 3 gelar juara dunia, 145 podium, 44 kemenangan, dan 40 pole position.

Pada 2017, Lorenzo hengkang ke Ducati, tapi hanya sanggup merebut tiga kemenangan. Ia pun hijrah ke Honda pada 2019, tapi gagal bersaing dan lebih sibuk untuk melawan cedera punggung hingga akhirnya memutuskan pensiun.

>