Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales
Sumber :
  • Crash.net

Jakarta, 17 April 2024 –  Maverick Vinales menjadi pemenang dalam MotoGP Amerika, Senin 15 April 2024 dini hari WIB. Pembalap Aprilia itu pun berhasil menorehkan rekor baru, yang bahkan tak bisa didapat oleh Valentino Rossi sebelumnya.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Dalam balapan di Circuit of the America, Vinales start balapan dari posisi paling depan. Sayang, pembalap asal Spanyol itu melakoni start buruk sehingga kehilangan posisinya, bahkan tercecer sampai di luar 10 besar.

Meski demikian, Vinales sedikit demi sedikit meyalip para pesaingnya. Sampai pada beberapa putaran terakhir, pebalap Spanyol itu menyalip Pedro Acosta untuk mengambil alih pemimpin lomba dan melintasi garis finis di posisi pertama.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales pimpin balapan

Photo :
  • Crash.net

Kemenangan itu membuat Vinales menjadi pembalap pertama di era MotoGP,  yang meraih kemenangan dalam sebuah seri balapan bersama tiga pabrikan berbeda. Vinales pernah menang bersama Suzuki, delapan kemenangan dengan Yamaha.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Dan kini, satu kemenangan di atas motor Aprilia yang dibelanya sejak pertengahan 2021. Tercatat, dalam 20 tahun terakhir baru Vinales yang bisa menorehkan rekor ini.

Bahkan juara dunia tujuh kali MotoGP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, juara dunia tiga kali MotoGP tak bisa meraih rekor itu. Dalam catatan yang dikutip dari Crash, Rossi mampu meraih 79 kemenangan bersama Honda dan Yamaha.

Pembalap Aprilia, Maverick Vinales

Photo :
  • AP Photo/Eric Gay

Namun legenda MotoGP asal Italia itu gagal naik podium teratas semasa di Ducati. Sedangkan Jorge Lorenzo 44 kali menang di Yamaha dan tiga kali bersama Ducati, tapi tidak mampu menambahnya semasa di Honda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya