Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

VIVA Otomotif: THS-Auto2000 Home Service
Sumber :
  • Dok: Auto2000

Jakarta, 17 April 2024 –  Setelah melakukan perjalanan mudik, wajib bagi para pemilik kendaraan mobil untuk melakukan pengecekan. Sebab, mobil sudah dipakai bekerja keras dalam perjalanan, melewati berbagai medan jalan dan hadapi kemacetan.

Kia Carnival 2024 Belum Pakai Hybrid, Ini Alasannya

Marketing Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, mengatakan setiap pengguna mobil jangan lupa untuk memastikan tidak ada masalah pada kendaraan, karena kondisinya (mobil) bisa menurun karena beberapa faktor.

"Durasi berkendara yang jauh lebih lama akibat macet membuat mesin bekerja ekstra berat. Ditambah, muatan mobil penuh, hujan deras, dan risiko masalah seperti menabrak lubang dengan kecepatan tinggi dapat menurunkan kondisi kendaraan," katanya di keterangan resminya.

Marak Kasus Pelat Dinas DPR Palsu, Ahmad Sahroni: Merugikan Semua Pihak

Berikut 7 Komponen yang Wajib Dicek

Ban

Ternyata Ini Alasannya Mengendarai Mobil Matik Hanya Perlu Satu Kaki

Pertama adalah cek kondisi ban karena posisinya langsung berhadapan dengan aspal atau beton jalan, membuat ban harus bekerja keras di momen mudik Lebaran. Untuk itu, segera cek kondisinya begitu sampai di rumah. Lihat tanda keausan telapak ban dan segera ganti ban jika sudah tidak layak.

Kaki-kaki Mobil

Cek bagian kaki-kaki mobil dari rembesan oli, gerakkan komponen kemudi dan suspensi untuk melihat potensi masalah. Shock absorber tidak boleh ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Selain itu, waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kondisi kampas rem yang bekerja paling berat untuk mengurangi laju mobil.

VIVA Otomotif: Ilustrasi periksa bagian bawah dan kaki-kaki mobil.

Photo :
  • Dok: Auto2000

Cek Oli

Oli menjadi komponen penting yang memang harus diperhatikan, di mana tugasnya melindungi mesin dari gesekan antar komponen. Pemilik mobil wajib mengecek takaran oli mesin lewat dipstick dan pastikan tidak kurang. Perhatikan apakah ada perubahan warna oli mesin, kalau sampai warnanya berubah coklat susu merupakan indikator tercampur air.

Cairan Rem

Para pengguna roda empat bisa memastikan volume cairan rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya. Brake fluid yang kurang menunjukkan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem. Periksa selang rem dari kemungkinan sobek atau bocor. Gunakan TMO Brake Fluid untuk menambah cairan rem yang berkurang.

Radiator Coolant

Radiator tidak boleh habis dengan mengecek tabung cadangannya. Periksa kebocoran pada selang dan rumah radiator karena ada kemungkinan terkena lontaran kerikil dalam perjalanan. Pastikan pula warna radiator coolant tidak berubah apalagi sampai keruh yang wajib dikuras supaya tidak bermasalah. Gunakan TMO Radiator Coolant untuk fungsi pendingin paling optimal.

Ilustrasi radiator coolant

Photo :
  • Toyota Astra

Periksa Cairan lain

Selanjutnya bisa memeriksa cairan mobil seperti minyak kopling, air aki, oli transmisi dan pastikan tidak berkurang atau tak ada perubahan warna. Jika terjadi, harus segera ditangani di bengkel resmi.

Kabin Mobil

Kabin menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan juga, terutama soal kebersihkan. Jika kotor bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran kecil, seperti makanan ringan dan masih banyak lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya