Mantan Presiden IOC Samaranch Meninggal

Juan Antonio Samaranch
Sumber :
  • Inside the Game

VIVAnews - Setelah sempat dirawat di rumah sakit akibat sakit jantung, mantan Presiden International Olympic Committee (IOC) Juan Antonio Samaranch telah menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 89 tahun.

"Saya pribadi sangat sedih oleh kematiannya karena telah membangun Olimpiade pada era modern, seorang pria yang mengilhami saya, dan pengetahuan tentang olahraga yang benar-benar luar biasa," kata Presiden IOC Jacques Rogge seperti dilansir dari Associated Press, Rabu 21 April 2010.

Samaranch mulai dirawat di Rumah Sakit Quiron di Barcelona, Spanyol, pekan lalu akibat penyakit jantung.

Tahun-tahun belakangan ini, Samaranch memang sering mengalami masalah kesehatan. Selama 11 hari pada tahun 2001 ia dirawat di rumah sakit di Swiss karena kelelahan.

September tahun lalu ia dirawat di Monaco juga karena kelelahan. Sebelumnya di tahun 2007, ia menginap dua hari di rumah sakit Madrid karena tekanan darah tinggi.

Samaranch yang lahir di Barcelona pada 17 Juli 1920 adalah presiden IOC dari tahun 1980 hingga 2001. Hanya bapak olimpiade modern, Pierre de Coubertin, yang menjadi presiden IOC lebih lama dari Samaranch yakni pada periode 1896-1925.

"Dia memiliki kehidupan yang penuh dedikasi pada karirnya," tegas Rogge. (Ary)