Melorot ke Posisi 7 di FP2, Rossi Salahkan Cuaca

Pembalap andalan Yamaha, Valentino Rossi
Sumber :
  • REUTERS/Ronald Fleurbaaij
VIVA.co.id - Pembalap Movistar-Yamaha, Valentino Rossi, mengaku tak merisaukan penurunan prestasinya di sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Jerman. Penurunan peringkat dari posisi dua (FP1) hingga tujuh (FP2), menurut Rossi, bukan pertanda buruk.

Rossi menilai kecepatannya saat mengaspal di FP2 sudah sangat maksimal. Satu-satunya yang menjadi penghambat adalah cuaca.

The Doctor menganggap cuaca panas di sirkuit Sachsenring sedikit mengganggu performanya. Saat ingin melakukan manuver, Rossi mengaku sedikit mengalami kesulitan.

"Siang tadi sedikit sulit karena temperatur naik. Itu membuat kontrol terhadap motor sedikit sulit dan saya sering tergelincir," kata Rossi seperti dilansir Crash.

Meski begitu, Rossi tak terlalu mengkhawatirkan pencapaiannya di FP2. Pembalap asal Italia tersebut menganggap penurunan catatan waktunya di FP2 sangat wajar.

Pasalnya, beberapa pembalap memutuskan untuk mengganti ban demi menghadapi cuaca panas di sirkuit Sachsenring. Namun, Rossi bertindak sebaliknya.

"Saya memutuskan menggunakan ban asimetris di depan untuk sesi latihan siang. Ini dilakukan demi memahami dan merasakan karakter ban tersebut. Dan semuanya bagus, cengkeraman kuat, kiri serta kanan. Ban ini juga sangat konsisten di 25 putaran," ujar Rossi.

"Kecepatan saya juga tak terlalu buruk. Tadi cuma finis di posisi ketujuh karena pembalap lain memakai ban baru pada beberapa putaran terakhir. Tapi, kami harus bekerja lebih keras demi mencapai hasil maksimal," sambungnya.