Dallas Mavericks Ke Final NBA

Dirk Nowitzki
Sumber :
  • AP Photo/Morry Gash

VIVAnews - Dallas Mavericks memastikan diri melenggang ke final NBA 2011 setelah mengandaskan Oklahoma City Thunder dalam playoff NBA game 5 final wilayah barat, Rabu, 25 Mei 2011. Bermain di markas sendiri, American Airlines Center, Mavs sukses taklukan Thunder 100-96 dan mengubah skor menjadi 4-1.

Mavericks tinggal menunggu pemenang antara Miami Heat dan Chicago Bulls yang akan memainkan game ke-5 nanti malam waktu setempat. Heat lebih berpeluang mengingat telah unggul 3-1 sehingga tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi.

Meski unggul lebih dulu, Mavericks sempat tertekan di awal kuarter. Tembakan Kevin Durant membuat Thunder membalikkan keadaan menjadi 23-22. Keadaan bahkan bertahan di kuarter dua. Thunder semakin memimpin setelah lay up cantik Russell Westbrook menghujam ring Mavericks.

Tuan rumah sebenarnya mampu balik unggul 65-63 di kuarter tiga saat tembakan tiga angka Peja Stojakovic masuk. Namun, Thunder kembali unggul bahkan hingga detik-detik akhir kuarter empat.

Thunder terlena di sisa satu menit kuarter empat. Marion dan Nowitzki tancap gas mengejar ketinggalan enam angka dan memaksa pertandingan berakhir 100-94 untuk Mavericks.

Dengan lolos ke final, Mavericks berpeluang meraih gelar juara NBA untuk pertama kalinya. Mavericks merupakan satu-satunya tim yang belum pernah juara. Tiga peserta   lainnya yang tersisa sudah pernah juara. Bulls enam kali, Thunder (1), dan Heat (1). (adi)