Thailand Gelar Derby di Liga Basket ASEAN

Peresmian Bangkok Basketball Holdings sebagai anggota ABL
Sumber :
  • ABL

VIVAnews - Liga Bola Basket ASEAN, AirAsia ASEAN Basketball league (ABL) kedatangan tim baru lagi. Anggota anyar ini melengkapi delapan tim di pentas ABL musim depan.

Pada awal Juli lalu, tim Filipina, San Miguel Beerman menjadi tim ketujuh yang bergabung dengan ABL. Tim terakhir yang bergabung yakni Bangkok Basketball Holdings.

Tim asal Thailand ini akan tampil di musim ke-3 ABL yang akan dimulai pada 14 Januari 2012. Negeri Gajah Putih pun kini punya dua tim setelah juara bertahan ABL, Thailand Slammers. Artinya, Thailand akan menggelar derby di musim depan.

“Kami meyakini ABL akan menjadi kekuatan baru pentas olahraga, bukan hanya di ASEAN, tapi juga di Asia. Makanya, Bangkok Basketball ingin menjadi bagian dari perkembangan itu. Kami sangat tertarik menjadi bagian perkembangan basket di Asia Tenggara,” kata Tom Griffin, pemilik Bangkok Basketball Holdings dalam rilis yang diterima VIVAnews.

Bangkok Basketball Holdings yang dimiliki Griffin dan Jeffrey Premer akan bekerjasama dengan para pemain lokal, terutama yang bermain di tim nasional Thailand. Bangkok Holdings bertekad untuk mengembangkan basket di Thailand dengan menyentuh semua kalangan, terutama akar rumput (grassroots).

Kehadiran Bangkok Holdings disambut hangat oleh tim Malaysia, Westports KL Dragons. “Luar biasa, dua tim baru bergabung dengan Liga. Ini akan menjadi langkah besar bagi rencana ekspansi ABL dan bola basket di Asia Tenggara. Saya yakin ini baru awal dan akan lebih banyak tim lagi dari negara lain yang bergabung. Saya yakin level kompetisi akan naik, apalagi dengan melihat kekuatan bola basket Thailand musim lalu dimana Thailand Slammers menjadi juara ABL," ujar perwakilan KL Dragons, Ruben Gnanalingam.

Manajer Umum Singapore Slingers, Michael Johnson juga menunjukkan antusiasnya. “Kahadiran Bangkok Basketball Holdings bergabung dengan San Miguel sebagai tim baru di ABL musim 2012 akan menjadi pendongkrak kualitas Liga ini. Thailand kini juga punya derby antara Bangkok dan juara bertahan ABL, Thailand Slammers. Fans berharap ABL musim depan yang dimulai Januari 2012 akan menjadi lebih besar dan lebih baik.”

Bangkok Basketball kini sedang mencari pelatih terbaik. Kriterianya yakni mantan pemain sukses dan terbilang sukses pula saat jadi pelatih. BB berharap bisa segera mendapatkan pelatih terbaik untuk menyusun pemain bersama manajemen.

“Bangkok Basketball Holdings akan menjadi simbol perkembangan ABL dalam dua musim terakhir. Bersama mereka, kami berharap bisa terus melahirkan bakat-bakat hebat yang akan menjadi masa depan pentas bola basket Asia Tenggara,” ujar Chief Executive Officer ABL, Kuhan Foo.

Bangkok Basketball Holdings juga akan menggelar lomba bagi fans untuk memberi nama terbaik bagi klubnya. Fans juga diberikan kesempatan untuk mengkreasi maskot tim untuk musim 2012.