Saran Kobe Bryant untuk Pemain Muda NBA

Legenda Los Angeles Lakers, Kobe Bryant
Sumber :
  • Derick E. Hingle-USA TODAY Sports
VIVA.co.id - Bintang Los Angeles Lakers, Kobe Bryant, memberikan saran kepada rookie NBA. Bryant menyarankan mereka harus memahami kasih sayang dan memiliki empati kepada sesama rekannya. 

Bryant memutuskan pensiun di akhir musim ini, setelah 20 tahun berkarir di NBA. Ia memiliki saran untuk pemain muda di NBA sebelum pensiun.

"Sulit mengatakan kepada pemain muda di usianya. Namun, saran saya adalah memahami kasih sayang dan empati. Tapi, hal itu akan datang seiring waktu berjalan," kata pebasket berusia 37 tahun ini dikutip dari ESPN, Senin 28 Desember 2015. 

Bryant memiliki sejarah kontroversial bersama dengan pelatih dan pemain saat berkarir di NBA. Ia sering dituduh sebagai faktor kenapa beberapa pemain meninggalkan Lakers dan beberapa pemain agen bebas tidak pernah mau bergabung. 

Namun, dari semua itu, Bryant bisa mengatakan kepada yang lebih muda, kenapa membutuhkan kasih sayang dan empati?

"Sebab, itu merupakan modal utama untuk menjadi seorang pemimpin. Saya pikir seorang juara adalah bagaimana memahami dan menempatkan diri pada posisi orang lain. Itu adalah bagaimana menghubungkan dan berkomunikasi dengan mereka. Itu sangat-sangat sulit dilakukan," ujar pemain yang bergabung dengan Lakers sejak 1996 ini. 

Bryant menyebutkan ingat soal momen memahami konsep tersebut. Itu terjadi pada 10 tahun lalu, saat Rick Fox menjadi teman di LA Lakers. 

"Dalam sebuah pertemuan di Southwest College, ia mengatakan, 'Bryant kami hanya ingin merasakan seperti Anda membutuhkan kami'," ucap Bryant. 

Apa yang dimaksudkan oleh Rick Fox adalah bagaimana menjadi pria dewasa.  (one)