Venue Asian Games 2018 Masih Bikin Bingung Pengunjung

Salah satu venue Asian Games 2018, Velodrome Rawamangun.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Ombudsman Republik Indonesia telah melakukan penilaian terhadap Panitia Asian Games, INASGOC, dalam persiapan menggelar Asian Games 2018, Jakarta-Palembang. Mereka telah berkunjung ke 24 venue pertandingan yang bakal digunakan di Asian Games nanti.

Dalam survei yang mereka lakukan, ada beberapa temuan penting. Ombudsman menilai beberapa arena masih membuat bingung pengunjung.

Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala, menyatakan informasi petunjuk arah di beberapa venue masih belum terpasang.

"Hanya ada piktogram saja. Sehingga, dikhawatirkan menyulitkan pengunjung asing. Belum ada pula sarana pengukur kepuasan pengunjung di seluruh arena," terang Adrianus.

Ketersediaan ruang ibadah untuk publik juga jadi sorotan Ombudsman. Diharapkan, pada saat waktu penyelenggaraan ada ruang ibadah yang layak, mudah diakses, nyaman, dan aman.

"Belum semua arena dilengkapi klinik kesehatan, ruang kendali stadion, rambu keselamatan, dan tempat ibadah yang layak," ujar Adrianus.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto, menyatakan survei yang dilakukan Ombudsman jadi patokan bagi pihaknya untuk melakukan perbaikan. Namun, Eris menegaskan terkait belum adanya prasarana yang lengkap, INASGOC memang masih melakukan tahap penyelesaian akhir. (one)