Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024
Sumber :
  • AP Photo

Jakarta – Jonatan Christie sang juara bulutangkis Indonesia, tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah kedermawanannya yang luar biasa.

Hasil Lengkap Perempat Final Thailand Open: Wakil Indonesia Bertumbangan

Di balik kesuksesannya, tersimpan cerita mulia tentang pembangunan masjid yang nyaris Rp1 miliar yang mengantarkannya pada rezeki yang berlimpah.

Pada tahun 2018, Jonatan Christie berhasil meraih medali emas di Asian Games. Kemenangan gemilang itu tak hanya membawa kebanggaan bagi bangsa, tetapi juga mendatangkan bonus senilai Rp1,8 miliar.

Kevin Sanjaya Announces His Retirement from Badminton World

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Photo :
  • AP Photo/Rui Vieira

Di tengah euforia kemenangan, Jojo justru menunjukan sisi mulia dengan mendedikasikan sebagian besar bonusnya untuk membangun masjid.

PBSI Resmi Umumkan Kevin Sanjaya Hengkang Dari Pelatnas

"Waktu itu gue bangun masjid di Lombok, kebetulan lagi tsunami. Bangun hunian sementara segala macam. Puji Tuhan bisa sempat ke sana dan lihat langsung pembangunannya sudah berjalan," cerita Jojo, di kutip dari YouTube Daniel Mananta, Selasa, 16 April 2024.

Usut punya usut ternyata pria asal Jakarta itu sudah bernazar sebelum tampi di Asian Games 2018 yang memiliki tekad untuk menyumbang setengah dari nominal bonus yang di dapat dari ajang tersebut.

"Itu saya bernazar, Tuhan kalau memang ini kesempatan untuk juara Asia Games saya ingin kasih donasi 50 persen dari bonus ini," ucap Jonatan.

Jonatan Christie juara BAC 2024

Photo :
  • AP Photo

Doa Jojo tersebut dikabulkan, ia berhasil merebut medali emas Asian Games 2028 usai menang atas wakil Taiwan, Chou Tien Chen dengan skor 21-18, 20-22, 21-15.

Namun menariknya, Jojo mengaku justru mendapatkan rezeki 10 kali lipat usai mendonasikan Rp900 juta untuk membangun masjid dan hunian sementara di Lombok. Rezeki itu datang dari banyaknya tawaran iklan.

"Setelah (memberikan donasi) itu iklan dimana-mana, sepuluh kali lipat. Jujur pajak terbanyak justru dari pendapatan iklan bukan dari bonus itu," tambah Jojo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya