Perenang Cantik Jepang Dobrak Tradisi Atlet Terbaik Asian Games

Perenang Jepang Rikako Ikee saat tampil di Asian Games 2018
Sumber :
  • REUTERS/Jeremy Lee

VIVA – Perenang cantik asal Jepang, Rikako Ikee, mendapat anugerah sebagai most valuable player (MVP) alias Atlet Terbaik Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Dia layak mendapatkannya karena sukses menyabet enam medali emas dan dua perak.

Medali emas didapat Ikee saat turun di nomor 50 meter gaya kupu-kupu, 100 meter gaya kupu-kupu, 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 4x100 meter gaya bebas estafet, dan 4x100 meter gaya ganti estafet. Sedangkan medali perak didapat dari nomor 4x100 meter estafet dan 4x200 meter gaya bebas.

Kegemilangan Ikee tak berhenti sampai di situ. Dia juga berhasil mencetak rekor apik di Asian Games 2018, salah satunya saat turun di 4x100 gaya ganti estafet dengan catatan waktu 3 menit 3,54 detik.

Karena pencapaian itulah, Komite Olimpiade Asia (OCA) tidak ragu untuk memilihnya sebagai MVP. Mendapat penghargaan tersebut, perenang berusia 18 tahun itu mengaku senang.

"Saya sangat senang bisa mendapat penghargaan yang indah ini. Saya terkejut pertama kali mendengar OCA akan memberikan saya penghargaan MVP," kata Ikee.

Terpilih sebagai MVP Asian Games 2018, Ikee menjadi perempuan pertama yang berhasil mendapatkannya. Karena sejak 1998, pertama kali penghargaan ini diadakan, selalu didapatkan oleh atlet pria.

Yang pertama mendapatkannya adalah atlet atletik Jepang, Koji Ito. Menyusul perenang Kosuke Kitajima yang juga berasal dari Negeri Matahari Terbit.

Pada 2006, MVP diberikan kepada perenang Korea Selatan, Park Tae-hwan. Lalu di Asian Games 2010, giliran pebulutangkis China, Lin Dan, yang mendapatkannya.

Memasuki Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, lagi-lagi atlet Jepang yang menjadi MVP. Dia adalah perenang Kosuke Hagino yang selama gelaran sukses mengumpulkan 3 medali emas, satu perak, dan dua perunggu. (one)