On This Day: Comeback Mengerikan Floyd Mayweather Usai Absen Setahun

Floyd Mayweather
Sumber :
  • Floyd Mayweather

VIVA –  Comeback mengerikan dilakoni Floyd Mayweather Jr di arena tinju pada 4 Mei 2013. Dia sukses menaklukkan Robert Guerrero dalam pertarungan perebutan sabuk juara dunia kelas welter versi WBC di MGM Grand Arena, Las Vegas, Amerika Serikat.

Ini menjadi laga perdana Mayweather setelah absen setahun. Sebelumnya, dia menjalani hukuman dua bulan penjara karena kekerasan rumah tangga.

Mayweather sukses menang lewat angka mutlak atas Guerrero. Dalam duel 12 ronde ini, tiga juri memberikan angka 117-111 kepada Mayweather.

Mayweather yang berstatus sebagai juara bertahan tampil hati-hati sejak ronde pertama. Mengandalkan jab-jab keras, dia terus berusaha menghindari pertarungan jarak dekat dengan Guerrero.

Pada ronde ke-8, pukulan Mayweather mampu melukai wajah Guerrero. Meski demikian, petinju berusia 30 tahun itu tetap melawan bahkan sempat merepotkan Mayweather di ronde-ronde terakhir.

Beruntung, dengan gerakan yang gesit, Mayweather Jr masih mampu menghindari pukulan-pukulan mematikan Guerrero dan bertahan hingga ronde 12.

Gagal Menang KO
Mayweather tampil dominan dengan 195 pukulan. Sedangkan Guerrero hanya mendaratkan 113 pukulan.

Namun, ada satu penyesalan dari Mayweather. Itu karena dia tak bisa menang secara KO.

"Saya melakukannya lagi. Saya angkat topi untuk Guerrero. Dia pejuang sejati," kata Mayweather dilansir ESPN.

"Saya mencari KO, tapi tangan saya cedera. Saya merasa tidak enak pada fans karena gagal memberikan kemenangan KO," tegasnya.

Hasil ini sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan petinju asal Amerika Serikat itu. Saat itu, Mayweather telah mengantongi 44 kemenangan (26 KO) dari 44 pertarungan yang telah dilakoni. Sementara itu, bagi Guerrero, ini adalah kekalahan kedua dari 32 duel.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.