On This Day: Kematian Tragis Legenda Hollywood Audrey Hepburn

Legenda Hollywood, Audrey Hepburn.
Sumber :
  • National Today

VIVA – 20 Januari menjadi tanggal yang kelabu bagi industri film Hollywood. Sebab di tanggal ini, salah satu legenda mereka tutup usia, Audrey Hepburn. Dia wafat pada 20 Januari 1993 silam di usia 63 tahun.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Aktris bernama lengkap Audrey Kathleen Hepburn itu diakui sebagai ikon film dan mode. Dia diperingkat oleh American Film Institute sebagai legenda film wanita terbesar ketiga dari sinema Hollywood Klasik dan masuk ke dalam Daftar Hall of Fame Berpakaian Terbaik Internasional.

Lahir di Ixelles, Brussel, dari keluarga bangsawan, Hepburn menghabiskan sebagian masa kecilnya di Belgia, Inggris, dan Belanda. Ia bersekolah di sekolah berasrama di Kent, Inggris, dari tahun 1936 hingga 1939. 

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Dengan pecahnya Perang Dunia II, ia kembali ke Belanda. Selama perang, ia belajar balet di Konservatorium Arnhem, dan pada tahun 1944, ia menampilkan balet untuk mengumpulkan uang guna mendukung perlawanan Belanda. 

Dia belajar balet dengan Sonia Gaskell di Amsterdam mulai tahun 1945, dan dengan Marie Rambert di London dari tahun 1948. Dia mulai tampil sebagai gadis paduan suara di produksi teater musikal West End dan kemudian tampil kecil di beberapa film. 

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Dia menjadi bintang dalam komedi romantis Roman Holiday (1953) bersama Gregory Peck, di mana dia menjadi aktris pertama yang memenangkan Oscar, Golden Globe Award, dan BAFTA Award untuk penampilan tunggal. Tahun itu, dia juga memenangkan Tony Award untuk Aktris Utama Terbaik dalam Drama atas penampilannya di Ondine.

Legenda Hollywood, Audrey Hepburn.

Photo :
  • Nicki Swift

Hepburn kemudian membintangi sejumlah film sukses seperti Sabrina (1954), di mana Humphrey Bogart dan William Holden bersaing untuk mendapatkan kasih sayangnya; Funny Face (1957), drama The Nun's Story (1959); komedi romantis Breakfast at Tiffany's (1961); drama thriller-romantis Charade (1963); dan musikal My Fair Lady (1964). 

Pada tahun 1967, ia membintangi film thriller Wait Until Dark dan menerima nominasi Academy Award, Golden Globe, dan BAFTA. Setelah itu, ia hanya sesekali tampil di film, salah satunya Robin dan Marian (1976) bersama Sean Connery. 

Pertunjukan terakhirnya yang direkam adalah dalam serial televisi dokumenter tahun 1990 Gardens of the World bersama Audrey Hepburn di mana ia memenangkan Primetime Emmy Award untuk Outstanding Individual Achievement – Informational Programming.

Hepburn memenangkan tiga Penghargaan BAFTA untuk Aktris Inggris Terbaik dalam Peran Utama. Sebagai pengakuan atas karir filmnya, ia menerima Lifetime Achievement Award BAFTA, Golden Globe Cecil B. DeMille Award, Screen Actors Guild Life Achievement Award, dan Special Tony Award. 

Dia adalah satu dari hanya 19 orang yang memenangkan Academy, Emmy, Grammy, dan Tony Awards yang kompetitif. 

Di kemudian hari, Hepburn mengabdikan sebagian besar waktunya untuk UNICEF, yang merupakan kontribusinya sejak tahun 1954. Antara tahun 1988 dan 1992, dia bekerja di beberapa komunitas termiskin di Afrika, Amerika Selatan, dan Asia.

Legenda Hollywood, Audrey Hepburn.

Photo :
  • ogni riccio un Biocapriccio

Pada bulan Desember 1992, ia menerima Presidential Medal of Freedom AS sebagai pengakuan atas karyanya sebagai Duta Besar UNICEF. Sebulan kemudian, Januari 1993, dia meninggal karena kanker usus buntu di rumahnya di Tolochenaz, Vaud, Swiss, pada usia 63 tahun.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya