Gregoria Dihajar Yamaguchi, Indonesia Tertinggal dari Jepang

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung
Sumber :
  • Twitter/@INABadminton

VIVA – Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, harus rela kehilangan poin dalam upaya Indonesia merebut status juara Grup A Piala Uber 2020.

Menghadapi wakil Jepang, Akane Yamaguchi, Gregoria takluk dalam duel straight game 7-21 dan 16-21 selama 31 menit. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal mendulang poin pembuka dan sementara tertinggal 0-1 dari Jepang.

Berduel di Ceres Arena, Aarhus Denmark, Selasa 12 Oktober 2021, Gregoria seakan tanpa perlawanan menghadapi Yamaguchi. Tunggal putri andalan Tanah Air itu tak bisa berbuat banyak meladeni pukulan-pukulan tajam dari Yamaguchi.

Dengan mudah, Gregoria tertinggal 4-0 di awal pertandingan. Namun, dia sempat memberikan perlawanan dengan menipiskan ketinggalan menjadi 5-7.

Sial, setelahnya Yamaguchi semakin tak terbendung. Dia membukukan tujuh poin beruntun dan jauh meninggalkan Gregoria 14-5.

Gregoria sempat mencuri satu poin sebelum wakil Jepang itu kembali menorehkan enam angka beruntun hingga akhirnya menuntaskan gim pertama dengan 21-7.

Wakil Merah Putih itu berupaya bangkit di gim kedua. Gregoria mampu mengimbangi permainan Yamaguchi dengan saling kejar-mengejar angka.

Sayangnya, performa apik Gregoria terhenti saat poin mencapai 8-8. Setelahnya, Yamaguchi mampu mencatatkan enam poin berturut-turut dan memimpin 13-8.

Penampilan Gregoria terus merosot dan memudahkan Yamaguchi untuk mendulang poin demi poin. Hingga akhirnya, pebulutangkis Jepang itu memenangkan gim kedua dengan 21-16.

Hasil ini membuat Indonesia sementara tertinggal dari Jepang dalam perebutan juara Grup A. Kendati demikian, Tim Merah Putih masih memiliki kesempatan untuk keluar sebagai pemenang dari duel ini lantaran masih tersisa empat wakil yang akan tampil.