Li Na Melesat, Nadal Tak Tergoyahkan

Rafael Nadal (biru) di French Open
Sumber :
  • AP Photo/Lionel Cironneau

VIVAnews - Kemenangan Li Na dan Rafael Nadal di Prancis Terbuka tahun ini menyelamatkan posisi mereka di peringkat dunia. Dalam rilis peringkat WTA per 6 Juni 2011, Li Na sebagai juara di bagian putri meroket dari peringkat tujuh ke posisi empat.

Sebelumnya, Li Na mencatatkan diri sebagai petenis putri pertama dari China yang masuk 10 besar dunia. Rekor itu bertambah panjang ketika perempuan berusia 29 tahun itu menyabet gelar Prancis Terbuka setelah mengalahkan Francesca Schiavone di final, Sabtu 4 Juni 2011. Li Na kini menjadi petenis Asia pertama yang berhasil meraih juara Grand Slam.

(Foto: Li Na)

Di bagian putra, Rafael Nadal yang mengalahkan Roger Federer di babak final, tidak bergerak dari peringkat satu dunia versi ATP dengan koleksi poin 12.070.

Disusul oleh Novak Djokovic, Roger Federer, dan Andy Murray di peringkat dua hingga empat. Nadal dan ketiga petenis tersebut merupakan semifinalis di Prancis Terbuka tahun ini. Di babak final, Nadal berhasil menumbangkan Federer 7-5, 7-6(3), 5-7, 6-1 dalam tempo tiga jam 40 menit. (art)