Mengintip Menu Makanan Ideal Pebulutangkis Muda

Kepala Asrama PB Djarum Kudus, Ellen Angelina
Sumber :
  • VIVA.co.id/Donny Adhiyasa

VIVA.co.id – Asupan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi seimbang sudah tentu jadi salah satu syarat untuk membentuk olahragawan tangguh, tak terkecuali juga bagi seorang pebulutangkis. Sejumlah perlakuan khusus pun diterapkan demi optimalnya asupan gizi mereka.

Ellen Angelina, mantan pebulutangkis yang kini menjabat sebagai Kepala Asrama PB Djarum Kudus memberi penjelasan. Menurutnya, ada beberapa hal yang mesti dipenuhi agar asupan gizi menjadi ideal.

Tunggal putri Indonesia yang mampu menjuarai Indonesia Open tersebut memiliki menu yang wajib dikonsumsi oleh pebulutangkis binaannya. Komposisi daging sapi dan ayam menjadi salah satunya.

"Biasanya akan disiapkan 4 menu lauk, dengan komposisi seperti daging sapi, ayam, tahu, tempe dan ditambah sup. Itu mereka harus makan semuanya, plus suplemen vitamin," ungkap Ellen.

Yang terpenting menurut Ellen, para pebulutangkis muda asuhan PB Djarum Kudus diberi variasi. Agar mereka bisa terus bernafsu untuk melahap menu makanan setiap harinya.

"Kalau untuk karbohidratnya, tetap menggunakan nasi. Dulu sempat mencoba pakai nasi merah tapi banyak yang tidak cocok. Semua menu tapi akan tetap ada variasinya setiap hari agar tidak bosan" tambahnya.