7 Negara Paling Dibenci di Dunia, No 4 Keterlaluan Bikin Murka

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un
Sumber :
  • Lowy Institute

VIVA – Ada beberapa negara paling dibenci di dunia. Seperti diketahui, setiap negara pasti memiliki persahabatan dan hubungan diplomatik yang baik dengan negara lain. Negara yang baik akan dipandang dan disegani oleh koleganya. Itulah mengapa setiap negara memiliki berbagai sisi, citra, dan reputasi yang berpengaruh terhadap dunia.

Namun, bagaimana dengan negara yang selalu menebar kebencian, pelanggaran hak asasi manusia dan dipandang negatif? Tentu akan memberi dampak buruk bagi kehidupan negara itu sendiri. Dikutip dari kanal YouTube Data Fakta berjudul 7 Negara Paling Dibenci Di Dunia yang tayang pada tanggal 10 Maret 2022, ada beberapa negara yang tak disukai oleh negara lain. Sejumlah alasan yang masuk akal serta catatan sejarah tak lepas membuat negara ini tak jarang mengundang murka serta kebencian dari negara lain. Apa saja ya? Simak ulasan berikut ini:

1. Cina

Cina adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribu kota di Beijing. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia (sekitar 1,4 miliar jiwa, mayoritas merupakan suku Han) dan luas daratan 9,59 juta kilometer persegi, menjadikannya negara ke-3 terbesar di dunia.

Sekalipun sering kali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tahun 1980-an. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.

Ketidaksukaan terhadap China bukanlah hal yang baru. Salah satu alasan mengapa China dibenci karena mengklaim kepemilikan Laut Cina Selatan. Republik Rakyat Cina (RRC) diperintah oleh partai komunis dengan menjalankan yurisdiksi di lebih dari 22 provinsi, 5 daerah otonom, 4 kota madya dan daerah administratif khusus meliputi Hongkong dan Macau serta mengklaim kedaulatan atas Taiwan. Negeri Tirai Bambu ini dideskripsikan sebagai kekuatan besar di dunia, kekuatan regional di Asia, serta negara adidaya yang potensial.

Ada berbagai alasan mengapa RRC tidak disukai rakyat dunia lainnya. Salah satu alasannya karena China dinilai mampu dalam memproduksi barang tiruan dari brand apapun. Lalu, China juga mendapat respon negatif dari negara-negara seperti Inggis dan Jerman, Belanda, Swedia, Amerika Serikat, Spanyol, Australia, Kanada DAN Korea Utara. Respon negatif juga muncul karena adanya pandemi COVID-19 yang mana virus tersebut berasal dari Wuhan, China. RRC dianggap melakukan penanganan yang buruk dalam rangka mencegah wabah menyebar ke negara lain.

2. Amerika Serikat

Ada banyak alasan mengapa negara dengan populasi terbesar nomor 3 di dunia itu dibenci banyak negara lain. Menurut ABC News Point, Amerika Serikat adalah negara yang paling dibenci oleh negara lain. Salah satu alasannya karena keterlibatan Negeri Paman Sam atas konflik beberapa negara yang terjadi selama ini.

Amerika Serikat sebagai negara adikuasa, tak hanya kaya akan materi, melainkan juga senjata dan kekuasaan. Amerika Serikat dibenci karena terlibat dalam penghancuran negara-negara seperti Afghanistan, Suriah, juga Irak. Serangan yang dilancarkan AS adalah terkait terorisme.

Sayangnya, serangan yang dilancarkan oleh Amerika Serikat itu juga memakan korban warga sipil yakni anak-anak juga wanita. Amerika Serikat sering ikut campur dengan urusan negara lain. Amerika Serikat juga tak malu mendukung perbuatan Israel untuk melakukan pembantaian atau kekerasan pada masyarakat Palestina.

Don Bergman dalam tulisannya berjudul My Take: Why do so many hate America? menjelaskan beberapa hal. Dia mengatakan bahwa “beberapa orang memandang Amerika sebagai negara demokrasi multiras, etnis dan agama yang didedikasikan untuk semua diciptakan sama tanpa diskriminasi terhadap mereka yang berbeda”. Namun pada kenyataannya, Amerika Serikat justru amat sangat rasis terutama kepada ras Asia, Arab dan Afrika.

3. Rusia

Inilah negara terbesar di dunia yang memiliki lebih dari seperdelapan dataran yang berpenghuni di bumi. Reputasi Rusia makin memburuk sejak tahun 2016 terutama karena kebijakan luar negeri, pelanggaran hak asasi manusia (HAM), hingga propaganda LGBT. Vladimir Golstein mengatakan bahwa “Untuk alasan yang jelas dan kompleks, Rusia adalah pewaris utama Uni Soviet yang runtuh”.

Rusia akan terus dilihat sebagai negara yang jahat bagi Eropa Barat dan Amerika. Apalagi saat ini Rusia tak hentinya menginvasi Ukraina bahkan telah berlangsung lebih dari 10 hari dan mendapat perhatian besar dari seluruh dunia.

4. Israel

Israel sebuah negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Selain itu dikelilingi pula dua daerah Otoritas Nasional Palestina: Jalur Gaza dan Tepi Barat. Dengan populasi sebesar 7,5 juta jiwa, Israel merupakan satu-satunya negara Yahudi di dunia

Secara umum, Israel memang sejak dahulu dibenci oleh negara-negara Timur Tengah dan sebagian negara-negara Anti-Israel atau Negara yang berdominasikan HAM. Kebencian itu muncul setelah adanya deklarasi (British Mandate) yang berisikan tentang pendirian Negara Israel atas tanah Palestina. Hal tersebut menjadi cikal bakal dari konflik berkepanjangan Israel-Palestina sampai saat ini.

Ya, Israel tak hentinya melakukan penindasan dan penjajahan para rakyat Palestina. Konflik ini menimbulkan kekerasan fisik terhadap masyarakat sipil yang tidak bersalah tanpa rasa iba. Banyak negara dunia yang turut membenci bahkan mengutuk tindakan negara Rusia, terutama negara-negara Islam dan Timur Tengah.

5. India

India adalah sebuah negara di Asia dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa. India juga merupakan negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. Ekonomi India adalah terbesar ketiga di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli (PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

India merupakan salah satu negara yang yang kaya akan beragam budaya. Namun, penduduk India terkenal memiliki gaya hidup yang jorok, kotor dan sembarangan. Selain itu penduduk di sana juga terbilang diskriminatif karena masih mempermasalahkan kasta, warna kulit, ras, agama, hingga jenis kelamin. Itulah mengapa India banyak dibenci oleh negara lain.

6. Iran

Iran menjadi negara yang dibenci karena 59 persen responden menganggap Iran sebagai negara yang negatif. Iran memberikan hukuman mati untuk tindak kejahatan di negaranya, Iran juga melanggar hak asasi manusia (HAM) serta program nuklir.

7. Korea Utara

Republik Rakyat Demokratis Korea atau Korea Utara adalah sebuah negara di Asia Timur, yang meliputi bagian utara Semenanjung Korea. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Pyongyang.

Korea Utara merupakan negara yang tertutup meski bertetangga dengan Korea Selatan. Alasan Korea Utara dibenci oleh banyak negara karena sikap arogan dan sering mengancam dunia dengan perang nuklir. Masyarakat Korea Utara sendiri tak suka dengan peraturan yang diberlakukan oleh pemerintahannya.

Masyarakat Korea Utara banyak yang hidup jauh dari kata layak dan mengalami kelaparan.Pemerintahan represif yang dipimpin oleh Kim Jong Un membatasi semua hak dasar rakyat, termasuk kebebasan berekspresi, bergerak, media independen, dan informasi.