Video BJ Habibie Ikut Merancang Pesawat Militer Hercules C-130

Pesawat Hercules TNI AU (Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA – Bacharuddin Jusuf Habibie disebut turut andil dalam merancang sejumlah pesawat lain yang digunakan dalam dunia penerbangan, di antaranya Lockheed Martin C-130 Hercules atau lebih dikenal dengan sebutan pesawat Hercules.

Pesawat itu adalah pesawat terbang bermesin empat turboprop sayap tinggi yang bertugas sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan militer di banyak bagian dunia. Pesawat itu mampu mengangkut berbagai macam kargo dan mampu mendarat di landasan terbatas.

BJ Habibie juga ikut merancang pesawat angkut DO-31 jet transportasi eksperimental VTOL Jerman Barat. Pesawat itu dirancang untuk bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal sebagai pendukung taktis pesawat penyerang. Proyek ini dibatalkan pada 1970 karena tingginya biaya, masalah teknis, dan perubahan persyaratan.

Di pengujung hidupnya, BJ Habibie bersama anaknya, Ilham Habibie, merancang pesawat R-80. Pesawat itu dirancang dengan teknologi dan keamanan tinggi bagi penumpang. Pesawat itu lanjutan dari rancangan N-250.

Simak ulasan lengkapnya dalam video berikut ini:

>