Futsal Lebih dari Sekadar Olahraga

Bermain futsal.
Sumber :
  • vstory

VIVA Futsal adalah permainan sepak bola yang biasanya dilakukan di dalam ruangan dengan ukuran lapangan yang lebih kecil dari lapangan sepakbola. Dimainkan oleh 2 tim beranggotakan 5 orang serta 7 pemain cadangan. Futsal memiliki durasi bermain 40 menit yang dibagi menjadi 2 babak dan jeda istirahat selama 10 menit.

Salah satu alasan futsal digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia, karena futsal termasuk olahraga yang terjangkau, menyenangkan, dan memiliki kepuasan tersendiri jika memenangkan pertandingan.

Harga menyewa lapangan futsal sendiri beragam, sebagai contohnya di Cimahi harga menyewa lapangan futsal sekitar Rp. 100.000- 200.00/ jam yang bisa dibagi menjadi 10- 20 orang orang. Jika dihitung- hitung seorang hanya perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp. 10.000 untuk menikmati permainan ini.

Futsal juga biasa menjadi ajang reuni di SMA, jika musim liburan telah tiba teman- teman SMA mengadakan pertandingan futsal yang mereka sebut friendly match untuk kembali mengakrabkan diri setelah lama tidak bertemu.

“Kalau mau futsal kan otomatis ngumpul tuh, nah bisa aja itu jadi ajang buat ketemu sama temen yang udah lama banget ga ketemu. Bisa jadi reuni sambil olahraga, gitu.” Kata Farid, seorang mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang menjadikan futsal sebagai ajang reuni dengan teman SMP dan SMA nya.

Setelah bermain futsal, Farid dan teman-temanya pergi ngopi, membicarakan kabar dan mengenang masa lalu.

Tidak hanya menyewa lapangan untuk bermain, futsal juga membutuhkan modal yang lain seperti baju, celana, sepatu bahkan kacamata khusus untuk bermain futsal yang memiliki kisaran harga Rp.70.000 – Rp. 400.000.

“Modal tuh dipakainya bisa lama banget bisa setahun lebih, ngga sekali pakai ganti. Jadi aku pribadi ngga keberatan ngeluarin modal untuk main futsal, selain itu kan jadi dapet sehatnya juga.” Jelas Farid yang tidak keberatan mengeluarkan modal untuk hobby bermain futsal.

Selain menjadi ajang reuni, bagi Bramantio Arifin futsal bukan hanya sekadar olahraga atau permainan saja, futsal adalah suatu pencapaian dalam hidupnya. Bram mengaku telah menyukai futsal sejak kelas 5 sekolah dasar. Bram menyukai futsal karena futsal adalah olahraga yang harus dilakukan dengan gerakan cepat mulai dari mengambil keputusan saat passing ataupun saat dalam tekanan lawan.

Ia salah satu anggota dari Soccer of Negeri 1 Cimahi yaitu club futsal SMA Negeri 1 Cimahi yang biasa disingkat SON1C. Bersama SON1C Bram sudah memenangkan beberapa pertandingan futsal, diantaranya juara 2 turnamen antar kota Cimahi di Universitas Jendral Achmadyani dan juara 3 Pocari Sweat Futsal Championship tahun 2015 antar provinsi Jawa Barat, setelah lulus Ia meraih juara 2 turnamen futsal antar suporter Kota Cimahi dan Bandung yang Ia raih bersama Club Velocitas sebagai pengganti dari Club SON1C yang tersedia dari U-16 , U-17, U-20, dan serior.

Latihan di Club saja tidak cukup untuk menghasilkan skill yang ada pada dirinya, “Diluar latihan dari SON1C tentunya menambah porsi latihan dirumah dengan mengulangi apa yang dilakuan dilatihan, seperti selempar bola ke dinding lalu menangkapnya dan divariasiakan dengan lompatan terlebih dahulu ,berlari menuju cons membalikannya lalu berlari menuju bola dan menyentuhnya dan begitu seterusnya sampai 5-8 pengulangan , dan juga mengikuti pelatihan khusus kiper kurang lebih 3 bulan diselingi dengan latihan di sekolah” kata Bram.

Ia juga mengungkapkan hal apa saja yang telah ia dapatkan semenjak menjadi seorang kiper, “Saya menjadi terbiasa dengan olahraga futsal mengetahui tentang taktik dalam futsal, bertemu dengan banyak pemain profesional dan belajar dari pengalamannya, serta tentunya saya bisa mengikuti turnamen futsal antar kota dan provinsi.”

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.