Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

8 Karakteristik Perilaku Konsumen dalam Belanja Online

Senin, 14 Juni 2021 | 09:58 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
illustrasi belanja online (souce: google)

VIVA – Adanya pandemi Covid-19 sejak tahun lalu membuat banyak perubahan. Perubahan yang terlihat jelas yaitu pada perilaku konsumen. Mengapa hal ini terjadi? Hal ini terjadi karena adanya keterbatasan masyarakat dalam melakukan kegiatan.

Pemerintah juga telah memberlakukan social distancing sejak tahun lalu, dimana masyarakat harus menjaga jarak dan tidak boleh berkerumun agar tidak terjadi penyebaran virus yang lebih luas lagi. Adanya social distancing ini membuat pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi dihentikan pengoperasiannya sementara waktu.

Baca Juga

Covid-19 telah memaksa terjadinya perubahan perilaku konsumen. Adanya gaya hidup, preferensi, dan prioritas, mau tidak mau konsumen harus membuat pola pengambilan keputusan pembelian yang baru.

Konsumen harus mulai berpikir bagaimana caranya membeli kebutuhan rumah tangga tanpa harus keluar rumah? Bagaimana caranya tetap menikmati akhir pekan dengan seru? Untuk menjawab permasalahan tersebut, konsumen tetap bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan berbelanja online.

Pandemi Covid-19 ini mengubah kebiasaan konsumen menjadi serba online. Ada beberapa orang yang sudah terbiasa dengan berbelanja online ada juga yang tidak.


Sekarang masyarakat sudah mulai terbiasa dengan berbelanja online. Ada beberapa karakteristik pembelanja online yang dibagi menjadi delapan segmen pembelanja online berdasarkan sikap, pengalaman, dan perilaku.

Yuk bahas satu persatu…

Karakteristik yang pertama, Shopping Lovers.

Dalam segmen ini adalah mereka yang senang berbelanja online. Mereka mahir dalam mengoperasikan komputer dan internet sehingga sering melakukan pembelian secara online dan mereka juga akan terus melanjutkan kebiasaan berbelanja online. Selain itu, mereka juga senang menceritakan pengalaman belanja online mereka kepada orang lain.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler