Jokowi Ajukan Tiga Nama Calon Deputi Gubernur BI ke DPR

Logo Bank Indonesia yang tertera di kantor Bank Indonesia di Jakarta.
Sumber :
  • Reuters/Iqro Rinaldi

VIVA – Presiden Joko Widodo telah mengajukan sebanyak tiga nama calon deputi gubernur Bank Indonesia (BI) untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Dewan Perwakilan Rakyat.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Juru bicara Kepresidenan, Johan Budi Sapto Pribowo, menyampaikan, ketiga nama calon deputi gubernur BI itu adalah Dedi Budi Waluyo, Wiwi Sisto Hidayah, dan Dodi Zulferdi.

"Per tanggal 15 Januari lalu, Presiden telah mengirimkan surat ke DPR dan mengirim tiga nama calon deputi gubernur BI untuk dilakukan fit and proper test di DPR," ujar Johan Budi di Istana Negara, Selasa, 30 Januari 2018.

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

Menurut Johan, ketiga nama yang diusulkan mengingat Gubernur BI Agus Martowardojo, juga mengirimkan saran itu kepada Jokowi.

Sementara itu, terkait nama calon gubernur BI yang baru, Johan menyampaikan, hingga saat ini, Istana baru mengirimkan usulan calon deputi gubernur BI saja. Usulan calon gubernur BI baru disampaikan belakangan.

BI Terbitkan Aturan Ketentuan Intensif untuk Perbankan

"Kalau (usulan calon) gubernur BI memang belum," ujar Johan.

Agus Martowardojo akan memasuki masa pensiun pada Mei 2018. Pejabat gubernur BI akan diuji oleh DPR, yang kemudian ditetapkan oleh Presiden. Dalam menjalankan tugasnya, gubernur BI dibantu oleh deputi gubernur senior yang bertindak sebagai wakil, serta empat hingga tujuh deputi gubernur.

Ilustrasi dolar AS

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Angka utang luar negeri tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar US$415,3 miliar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022