Gempa Lombok, Telkomsel Usahakan Jaringan Tetap Lancar

Dampak gempa susulan yang mengguncang Lombok.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Pasca bencana alam gempa di Lombok yang terjadi berkali-kali dalam beberapa minggu terakhir, Telkomsel terus berupaya agar akses komunikasi di daerah yang tertimpa bencana tetap lancar. 

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Menurut General Manager External Corporate Communications, Denny Abidin, penanganan pertama daerah terdampak bencana adalah menyediakan jalur komunikasi terlebih dahulu.

"Karena kita koordinasinya jalur komunikasi. Setelah itu jalur komunikasi berangsur membaik, kemudian bisa ada komunikasi, otomatis semua koordinasi," ujar Denny di Jakarta, Senin, 20 Agustus 2018. 

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Pihak Telkomsel sedang memprioritaskan penggunaan Mobile Combatt di Lombok. Lokasinya terletak di daerah yang memerlukan bantuan sesegera mungkin. Nantinya jika komunikasi berlangsung membaik, soal bantuan pun bisa dikoordinasikan dengan baik. 

Saat ditimpa bencana, mereka sudah memiliki peraturan sendiri untuk penanganannya. Termasuk tim relawan atau Terra untuk memantau BTS yang ada. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Salah satu fungsi dari Terra itu menentukan titik-titik BTS harus dinaikkan. Sudah berangsur membaik tapi kan semua harus koordinasi masalah electricity kemudian dengan Basarnas," kata Denny. 

Dengan telekomunikasi berjalan lancar, nanti akan terlihat bantuan apa yang dibutuhkan bagi warga di Lombok. Menurutnya bantuan harus terkoordinasi sejalan dengan yang dibutuhkan para korban. 

"Jangan-jangan semuanya (bantuan yang dikirimkan) makan ternyata tidak. Yang diperlukan selimut dan pengobatan yang ada di sana. Kita terus berkoordinasi," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya