Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Kemenparekraf.

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung langkah perbaikan dan promosi untuk memulihkan dan meningkatkan sektor pariwisata setempat setelah penanganan dan selesainya masalah erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.
 
"Kami berdoa dan berharap ini tidak akan berlangsung lama dan tentunya situasi pascaerupsi Gunung Ruang ini bisa kita lakukan perbaikan-perbaikan dan promosi gencar sehingga target 2024 masih bisa tercapai," kata Sandiaga kepada awak media di sela-sela Road to Run For Independence Day (RFID) 2024 di Jakarta, Minggu, 21 April 2024.
 
Langkah perbaikan dan rehabilitasi pascabencana serta promosi diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat dan kepariwisataan di daerah setempat.

BNI Java Jazz Festival 2024 Sukses Digelar, Sandiaga Uno Bangga Dipuji Wisatawan Asing

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Photo :
  • Antara

 
Hingga saat ini, Sandiaga menuturkan belum ada angka kerugian di sektor pariwisata akibat erupsi Gunung Ruang. Bencana tersebut tentu berdampak pada pariwisata di sekitar Sulawesi bagian utara, destinasi prioritas di Kupang juga destinasi andalan Bunaken. Beberapa penerbangan yang ke dan dari Manado juga dihentikan.

Gunung Dempo Erupsi Setinggi 300 Meter, Masyarakat Diingatkan Bahaya Gas Vulkanik

 
"Paling tidak dari pembatalan beberapa event sudah kami petakan ada pembatalan dua tiga event internasional yang sudah dilaporkan ke kami. Tentunya ini akan berdampak terhadap berkurangnya tingkat keterisian hotel, dan juga dampak ekonomi kepada para UMKM setempat," ujarnya.
 
Manajemen krisis diharapkan bisa membawa semua pihak untuk lebih berhati-hati dan waspada merespons bencana tersebut.
 
"Mudah-mudahan aspek mitigasi bencana yang telah kita siapkan dalam protokol manajemen krisis bisa diterapkan oleh para pelaku baik dari instansi, pemuda maupun oleh masyarakat secara keseluruhan," ujarnya.

Gunung Ibu Erupsi, Abu Vulkanik Raksasa Terbentuk Setinggi 6.000 Meter

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Photo :
  • Instagram

Ia mengimbau seluruh masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif untuk waspada terhadap erupsi Gunung Ruang.
 
Sebelumnya, Pimpinan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan ada sekitar 1.585 orang warga dari total 11.615 orang penduduk Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, yang harus segera dievakuasi pascaerupsi Gunung Ruang.
 
Pada periode 1-17 April 2024 PVMBG mencatat jumlah kegempaan di Gunung Ruang sebanyak 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 569 kali gempa vulkanik dangkal, enam kali gempa tektonik lokal, dan 167 kali gempa tektonik jauh.
 
Sejak Rabu (17/4) malam PVMBG meningkatkan status Gunung Ruang dari Level III menjadi Level IV atau Awas dan mengharuskan daerah tersebut untuk dikosongkan dari semua aktivitas masyarakat. (ant)

Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan dari Menteri BUMN Erick Thohir dan pemilik Burj Khalifa Mohamed Ali Rashed Alabbar di Kantor Kemhan RI, Jakarta Pusat, Senin, 27 Mei 2024 (sumber: Biro Humas Setjen Kemhan)

Menhan Prabowo Terima Kunjungan Pemilik Burj Khalifa, Apa yang Dibahas?

Menhan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan dari Menteri BUMN Erick Thohir dan pemilik gedung tertinggi Burj Khalifa.

img_title
VIVA.co.id
27 Mei 2024