Telkomsigma Klaim Punya Data Center Always On

Ilustrasi data center.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Akela999

VIVA – Era digital membuat data center atau penempatan server menjadi hal yang krusial. Pasalnya, data center dianggap sebagai jantung dari bisnis digital sehingga penyedia layanan tersebut sangat diandalkan.

Menkominfo ingin Data Center Indonesia Mendunia

Dikatakan CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto, saking krusialnya peran data center maka perusahaan harus secara teliti memilih perusahaan yang tepat. Yang terpenting, kata dia, memiliki track record terbaik dari segi aspek keamanan dan ketahanan, dan mengacu standard internasional.

"Jika melihat kacamata konsumen, mereka tentu tidak peduli apa itu server down, gangguan teknis dan sebagainya, mereka berprinsip dan berharap bahwa layanan yang disediakan perusahaan dapat diperoleh secara real-time dan kapanpun mereka inginkan, artinya Always On," kata Iskriono, dalam keterangannya, Sabtu, 20 Oktober 2018.

Data Center Ini Ngakunya Paling Hemat Energi se-Jakarta

Iskriono mengklaim jika data center di perusahaannya dirancang dengan mengacu pada standar internasional Uptime Institute Tier III dan Tier IV. Didukung juga konektivitas dari Telkom Indonesia dengan cakupan yang sangat besar.

"Dengan adanya tiga data center enterprise yang berada di Serpong, Sentul, dan Surabaya, Telkomsigma dapat menyediakan layanan data center yang bersifat 'always on'. Untuk kebutuhan pelanggan SME, Telkomsigma menyediakan layanan data center di 12 kota di Indonesia," jelasnya.

'Membaca Nasib' Data Center di Indonesia

12 kota di Indonesia yang dipilih, yaitu Jakarta, Serpong, Badung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Medan, Bali, Balikpapan, Makassar, dan Manado. Lokasi data center Telkomsigma dipastikan akan terus bertambah seiring meningkatnya kebutuhan solusi  ICT di industri 4.0 dan juga untuk mendukung teknologi Edge Computing.

Di level Asia Tenggara, Telkomsigma juga telah memperoleh pengakuan dari Lembaga sertifikasi Internasional, Uptime Institute, sebagai Data Center yang pertama menerima Sertifikat Tier III OPERATIONS dengan Peringkat GOLD. Sertifikasi ini memperkuat kemampuan Data Center Telkomsigma untuk menghindari kesalahan, menjaga fungsionalitas TI, dan mendukung operasional yang efektif. Proses Sertifikasi Tier memastikan operasional selaras dengan tujuan bisnis organisasi, ekspektasi availability.

Telkomsigma juga memiliki ketersediaan layanan Data Center secara menyeluruh dan bersifat carrier neutral data center. Data center yang dikelola Telkomsigma tersebar di seluruh Indonesia dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan layanan pusat data baik untuk bisnis berskala SME hingga Enterprise.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya