Bukti Twitter Gampang Diretas Pakai Nomor HP Palsu

Ilustrasi Twitter.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Mizter_x94

VIVA – Sebuah tim peneliti keamanan bernama Insinia Security berhasil membobol sejumlah akun Twitter selebritas. Mereka menggunakan nomor telepon untuk bisa menggunakan akun Twitter secara bebas. 

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Beberapa akun yang diretas di antaranya adalah broadcaster asal Irlandia Utara, Eamonn Holmes dan sutradara dokumenter asal Inggris, Louis Theroux. Metode yang sama juga pernah dilakukan pada akun kepala perusahaan teknologi keuangan di London, akun itu melakukan re-tweet sejumlah posting-an dari BBC. 

Padahal sebelumnya juru bicara Twitter mengatakan bahwa telah menyelesaikan masalah bug yang memungkinkan mengakses akun dengan nomor telepon dari Inggris. Pada dasarnya kerentanannya adalah memungkinkan setiap orang untuk posting ke akun yang didukung dengan SMS. Metode yang dilakukan dengan mengirimkan pesan teks ke Twitter sambil memalsukan nomor ponsel pengguna. 

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Dilansir laman Gizmodo, Minggu, 6 Januari 2019, banyak yang tidak tahu bahwa Twitter dapat menerima perintah melalui pesan teks. Asal mereka tahu ke mana harus mengirimkan. Teknik ini digunakan juga untuk masuk ke sistem voicemail. 

"Jika kami bisa mengirimkan pesan dari nomor yang nampaknya nomor Anda lalu kami berinteraksi dan mengontrol sepenuhnya akun Twitter Anda," ujar Insinia Security. 

Viral Isu Poligami, Berikut 5 Fakta Menarik Ustaz Hanan Attaki, Nomor 5 Bikin Terkejut

Pada tahun 2012 Twitter mengakui kerentanannya dengan menggunakan metode tersebut. Tapi mereka mengatakan akun tertentu kebal akan peretasan tersebut seperti, akun pengguna dari Amerika Serikat. Twitter juga merilis sistem kode PIN bagi pengguna yang sign up dengan layanan menggunakan kode panjang. 

Nomor yang digunakan bervariasi tergantung dari negara dan juga berbentuk dua bentuk. Pertama kode panjang yang bentuknya mirip nomor telepon dan kode pendek dengan tiga hingga lima digit. 

Banyak aplikasi yang bisa dibuat untuk nomor telepon tipuan yang bersifat ilegal. Nomor tipuan ini juga membuat seseorang mengirimkan pesan dan membuat panggilan seperti berasal dari telepon orang lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya