7 Peningkatan Teknologi yang ada di Balap Sepeda Prancis

Ilustrasi balap sepeda.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Menonton olahraga memberikan kepuasan tersendiri bagi para pecintanya, termasuk sepeda. Oleh karena itu, penggunaan teknologi digital terus ditingkatkan agar semakin banyak kesempatan bagi penggemar untuk menonton balap sepeda, khususnya yang berada jauh di Prancis.

Abid Pradipta Jadi Peserta Termuda L'Etape Tour de France

Dimension Data mengklaim telah mempelopori adanya penggunaan teknologi dalam perlombaan sepeda Tour de France sejak 2015. Kerja sama ini dilanjutkan oleh NTT dan Amaury Sport Organization (ASO) sampai 2024. Hal ini guna menunjukkan bahwa penggunaan data dapat merevolusi pengalaman penggemar olahraga.

Beberapa fitur teknologi yang ditingkatkan dalam kompetisi Tour de France ini misalnya,

Lomba Balap Sepeda Bergengsi Dunia, Tour de France 2022 Siap Digelar

1. Grafik TV yang Ditingkatkan. Ini untuk memperkaya siaran televisi internasional dengan grafik baru termasuk pendalaman datadari tim data NTT, dan pemetaan 3D dari situasi lomba secara langsung.

2. Menguji Augmented Reality (AR). NTT menggunakan teknologi untuk menciptakan visi tentang bagaimana penggemar yang berada di dalam rumah dapat menonton dan berinteraksi dengan balapan di masa depan.

Tour de France Akan Digelar Akhir Agustus

3. "Le Buzz". Model ini merupakan pembelajaran mesin baru yang diuji coba untuk pertama kalinya di Tour de France 2019. Model ini menganalisis gerakan dalam peloton untuk memprediksi setiap momen yang potensial seperti peningkatan kemungkinan kecelakaan terjadi, perpecahan di peloton, atau perubahan dalam dinamika balapan.

4. Prediktor "Catch the Break". #NTTPredictor telah ditingkatkan untuk memperhitungkan berbagai strategi balapan yang dimainkan di titik-titik berbeda dalam satustage, melalui machine learningtersendiri untuk setiap10km dari perlombaan.

5. Stage Favorit. Fitur ini dapat memprediksi jalannya stage yang dapat diperbaharui secara langsung di seluruh tahapan balapan berdasarkan pada peristiwa yang terjadi.

6. Cloud platform automation. Semua solusi teknologi yang digunakan di Tour De France akan memanfaatkan cloud NTT, dan dikembangkan serta didukung oleh tim global. Melalui kombinasi DevOps dan cloud automation,mampu secara gesit mengadopsi perubahan pemanfaatan teknologi berdasarkan permintaan pengguna atau disesuakan kebutuhan.

7. Layanan Platform Terkelola. Memberikan peluang semua inovasi untuk meningkatkan pengalaman penggemar di Tour de France melalui platform yang kuat dan andal.

Dikatakan pihak ASO, sejak 2015 telah terlihat hasil yang mengesankan di semua platform digitalnya. Bahkan penggemar di media sosial mengalami peningkatan dari 2,7 juta pada 2014 menjadi 7 juta pada 2019, serta adanya pertumbuhan 14 persen yang memasuki situs web live-tracking (Pusat Balap) dari 2016 hingga 2018. Penayangan video pun meningkat lebih 1000 persen (dari 6 juta hingga 75 juta pada platform TDF resmi).
 
"Melalui sensor yang dipasang pada setiap sepeda, tim spesialis NTT akan menganalisis lebih lagi 150 juta titik data per tahap Tour de France dan menggunakan analisis ini untuk memberikan visualisasi data real-time harian kepada penggemar di setiap saluran resmi seperti @letourdata," ujar Jason Goodall, CEO NTT dalam keterangannya, Rabu, 17 Juli 2019.

Tour de France ke-106 dimulai pada 6 Juli 2019 di Brussels dan merayakan 100 tahun Yellow Jersey. Brussels juga merupakan rumah bagi Eddy Merckx yang merupakam pemegang rekor karena memakai Yellow Jersey terbanyak. Tur berakhir di Champs-Élysées, Paris pada 28 Juli 2019.

NTT menyatukan Dimension Data dan 28 perusahaan lainnya menjadi  satu bisnis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya